| dc.description.abstract |
Elly.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Dikelas V SD NEGERI 43 Sungai Kakap, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah.Penelitian ini dilatar belakang masalah yang dipaparkan dalam rumusan masalah dalam penelitian 1) Bagaimana hasil sebelum menggunakan model word square terdapat hasil belajar peserta didik dikelas V SD Negeri 43 Sungai Kakap. 2) Bagaimana penerapan langkah-langkah model word square terdapat hasil belajar peserta didik kelaas V SD Negeri 43 Sungai Kakap. 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah penerapan model word square dikelas V SD Negeri 43 Sungai Kakap. 4) Seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran word square dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran word square pada pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dengan model pemebelajaran Word Square. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 43Sungai Kakap dengan datanya bersumber adalah peserta didik kelas V. Alat pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi, lembar tes, dan lembar dekumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat, hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA setelah diterapkannya model pembelajaran Word Square di kelas V SDN 43 Sungai Kakap Tahun Pembelajaran 2024/2025 siklus 1 dengan rata-rata 76,6% dengan kategori baik. sedangan siklus 2 dengan rata-rata 80% dengan kategori sangat baik, perolehan nilai hasil belajar di setiap siklus mengalami peningkatan 68%. Maka dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model pemebelajaran Word Square pada hasil belajar peserta didik |
en_US |