PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI KELAS V SD NEGERI 43 SUNGAI KAKAP

Show simple item record

dc.contributor.advisor Mujahidah, Nelly
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Purwoko, Arief Adi
dc.contributor.advisor Sumin, Sumin
dc.contributor.author Elly, Elly
dc.date.accessioned 2025-09-08T01:35:31Z
dc.date.available 2025-09-08T01:35:31Z
dc.date.issued 2025-08-04
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7620
dc.description.abstract Elly.Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Word Square Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran IPAS Dikelas V SD NEGERI 43 Sungai Kakap, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah.Penelitian ini dilatar belakang masalah yang dipaparkan dalam rumusan masalah dalam penelitian 1) Bagaimana hasil sebelum menggunakan model word square terdapat hasil belajar peserta didik dikelas V SD Negeri 43 Sungai Kakap. 2) Bagaimana penerapan langkah-langkah model word square terdapat hasil belajar peserta didik kelaas V SD Negeri 43 Sungai Kakap. 3) Bagaimana hasil belajar peserta didik setelah penerapan model word square dikelas V SD Negeri 43 Sungai Kakap. 4) Seberapa besar peningkatan hasil belajar peserta didik antara yang menggunakan model pembelajaran word square dengan yang tidak menggunakan model pembelajaran word square pada pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dengan model pemebelajaran Word Square. Lokasi penelitian ini bertempat di SDN 43Sungai Kakap dengan datanya bersumber adalah peserta didik kelas V. Alat pengumpulan data yang di gunakan adalah lembar observasi, lembar tes, dan lembar dekumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa hasil belajar peserta didik meningkat, hal ini terlihat dari hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran IPA setelah diterapkannya model pembelajaran Word Square di kelas V SDN 43 Sungai Kakap Tahun Pembelajaran 2024/2025 siklus 1 dengan rata-rata 76,6% dengan kategori baik. sedangan siklus 2 dengan rata-rata 80% dengan kategori sangat baik, perolehan nilai hasil belajar di setiap siklus mengalami peningkatan 68%. Maka dengan demikian dinyatakan bahwa terdapat peningkatan yang signifikan dari penerapan model pemebelajaran Word Square pada hasil belajar peserta didik en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Word Square en_US
dc.subject IPA en_US
dc.title PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE WORD SQUARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL DI KELAS V SD NEGERI 43 SUNGAI KAKAP en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account