Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan jumlah pembiayaan
Murabahah dari tahun 2015-2017 biaya yang diberikan pihak Koperasi BMT Kapuas
Mandiri Sejahtera setiap tahunnya menurun, jumlah nasabahnya pun tiap tahunnya
menurun. Penyebab terjadinya penurunan nasabah karena faktor yang muncul, dari
koperasi yang menyetop pembiayaan karena nasabahnya yang kabur atau tidak dapat
membayar lagi, serta pasar yang tutup karena kebijakan pemerintah yang melihat
banyak perdagangan dimana-mana.
Penelitian ini bertujuan adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas
pelayanan, 2) untuk mengetahui teknik pembayaran angsuran, 3) untuk mengetahui
biaya administrasi baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan nasabah
pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak .
Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 84 responden. Peneliti
menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam
pengambilan sampel yaitu Teknik Sampling Jenuh. Jenis data yang digunakan dalam
penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner.
Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif responden,
analisis statistik deskriptif variabel, analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda,
dan uji hipotesis.
Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS menunjukkan bahwa nilai
Adjusted R Square sebesar 0,147 artinya 14,7% kepuasan nasabah pada BMT Kapuas
Mandiri Sejahtera Pontianak dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, teknik pembayaran
angsuran dan biaya administrasi.
Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya
kualitas pelayanan (X 1 ), teknik pembayaran angsuran (X 2 ) dan biaya administrasi (X 3 )
secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, teknik
pembayaran angsuran dan biaya administrasi. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan
bahwa nilai signifikansi kualitas pelayanan (X 1 ) 0,303 > 0,05 artinya kualitas
pelayanan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah
(Y) pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak, nilai signifikan teknik
pembayaran angsuran (X 2 ) 0,350 > 0,05 artinya teknik pembayaran angsuran tidak
berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada BMT
Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak, dan nilai signifikansi biaya administrasi (X 3 )
0,336 > 0,05 artinya biaya administrasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan
terhadap kepuasan nasabah (Y) pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak