PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TEKNIK PEMBAYARAN ANGSURAN DAN BIAYA ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT KAPUAS MANDIRI SEJAHTERA PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Nurmasari
dc.contributor.advisor Aji Usman, Sandi
dc.contributor.author ANNISA
dc.date.accessioned 2022-06-17T13:13:52Z
dc.date.available 2022-06-17T13:13:52Z
dc.date.issued 2019-02-12
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/762
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah Berdasarkan jumlah pembiayaan Murabahah dari tahun 2015-2017 biaya yang diberikan pihak Koperasi BMT Kapuas Mandiri Sejahtera setiap tahunnya menurun, jumlah nasabahnya pun tiap tahunnya menurun. Penyebab terjadinya penurunan nasabah karena faktor yang muncul, dari koperasi yang menyetop pembiayaan karena nasabahnya yang kabur atau tidak dapat membayar lagi, serta pasar yang tutup karena kebijakan pemerintah yang melihat banyak perdagangan dimana-mana. Penelitian ini bertujuan adalah 1) untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan, 2) untuk mengetahui teknik pembayaran angsuran, 3) untuk mengetahui biaya administrasi baik secara simultan maupun parsial terhadap kepuasan nasabah pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak . Dalam penelitian ini, sampel yang diambil sebanyak 84 responden. Peneliti menggunakan metode penelitian kuantitatif. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel yaitu Teknik Sampling Jenuh. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif responden, analisis statistik deskriptif variabel, analisis uji asumsi klasik, regresi linier berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang diolah dengan program SPSS menunjukkan bahwa nilai Adjusted R Square sebesar 0,147 artinya 14,7% kepuasan nasabah pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak dipengaruhi oleh kualitas pelayanan, teknik pembayaran angsuran dan biaya administrasi. Hasil uji simultan (Uji F) menunjukkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 artinya kualitas pelayanan (X 1 ), teknik pembayaran angsuran (X 2 ) dan biaya administrasi (X 3 ) secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan, teknik pembayaran angsuran dan biaya administrasi. Hasil uji parsial (Uji T) menunjukkan bahwa nilai signifikansi kualitas pelayanan (X 1 ) 0,303 > 0,05 artinya kualitas pelayanan tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak, nilai signifikan teknik pembayaran angsuran (X 2 ) 0,350 > 0,05 artinya teknik pembayaran angsuran tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak, dan nilai signifikansi biaya administrasi (X 3 ) 0,336 > 0,05 artinya biaya administrasi tidak berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah (Y) pada BMT Kapuas Mandiri Sejahtera Pontianak en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kualitas Pelayanan, Teknik Pembayaran Angsuran, Biaya Administrasi, dan Kepuasan Nasabah. en_US
dc.title PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, TEKNIK PEMBAYARAN ANGSURAN DAN BIAYA ADMINISTRASI TERHADAP KEPUASAN NASABAH BMT KAPUAS MANDIRI SEJAHTERA PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account