Abstract:
Sarini Nur Aziah (12111032): Strategi Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Ra Bayt Al-Qur’an di Pontianak Tenggara. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tahun 2025.
Penelitian ini berfokus pada strategi guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di RA Bayt Al Qur’an melalui pendekatan Social Emotional Learning (SEL), yang mencakup lima kompetensi utama: self-awareness, self-regulation, social awareness, relationship skills, dan responsible decision-making. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk strategi yang digunakan guru dalam membina kelima aspek tersebut.
Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari guru kelas dan kepala sekolah, serta dokumen pembelajaran seperti RPPH dan catatan perkembangan anak.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi yang beragam dan kontekstual: (1) Self-awareness dikembangkan melalui kegiatan reflektif dan media ekspresi emosi berbasis nilai Islam; (2) Self-regulation melalui latihan pernapasan, simulasi sosial, dan bimbingan emosi; (3) Social awareness melalui cerita bergambar, role-play, dan pembiasaan prososial; (4) Relationship skills melalui komunikasi sopan, kerja kelompok, dan penyelesaian konflik damai; dan (5) Responsible decision-making melalui refleksi, diskusi pilihan tindakan, dan penguatan nilai moral. Strategi-strategi ini dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang membentuk karakter anak secara holistik.