STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA BAYT AL-QUR’AN

Show simple item record

dc.contributor.advisor Prisuna, Fitra Bayu
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Sukino, Sukino
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.author AZIAH, SARINI NUR
dc.date.accessioned 2025-09-08T01:24:45Z
dc.date.available 2025-09-08T01:24:45Z
dc.date.issued 2025-08-05
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7618
dc.description.abstract Sarini Nur Aziah (12111032): Strategi Guru Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di Ra Bayt Al-Qur’an di Pontianak Tenggara. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Tahun 2025. Penelitian ini berfokus pada strategi guru dalam mengembangkan sosial emosional anak usia dini di RA Bayt Al Qur’an melalui pendekatan Social Emotional Learning (SEL), yang mencakup lima kompetensi utama: self-awareness, self-regulation, social awareness, relationship skills, dan responsible decision-making. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bentuk-bentuk strategi yang digunakan guru dalam membina kelima aspek tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Sumber data terdiri dari guru kelas dan kepala sekolah, serta dokumen pembelajaran seperti RPPH dan catatan perkembangan anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru menerapkan strategi yang beragam dan kontekstual: (1) Self-awareness dikembangkan melalui kegiatan reflektif dan media ekspresi emosi berbasis nilai Islam; (2) Self-regulation melalui latihan pernapasan, simulasi sosial, dan bimbingan emosi; (3) Social awareness melalui cerita bergambar, role-play, dan pembiasaan prososial; (4) Relationship skills melalui komunikasi sopan, kerja kelompok, dan penyelesaian konflik damai; dan (5) Responsible decision-making melalui refleksi, diskusi pilihan tindakan, dan penguatan nilai moral. Strategi-strategi ini dirancang untuk menciptakan lingkungan belajar yang membentuk karakter anak secara holistik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Strategi guru en_US
dc.subject sosial emosional en_US
dc.subject anak usia dini en_US
dc.title STRATEGI GURU DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA DINI DI RA BAYT AL-QUR’AN en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account