| dc.description.abstract |
Nurriyah Hartini Nim 12110029, Pengaruh Model Think Pair Share Berbantuan Media Kartu Soal Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas III di MIS Darussalam Pontianak Timur. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Hasil belajar kelas kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media kartu soal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MIS Darussalam Pontianak Timur. 2) Hasil belajar kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media kartu soal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MIS Darussalam Pontianak Timur. 3) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan media kartu soal terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III di MIS Darussalam Pontianak Timur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, jenis penelitian eksperimen dan menggunakan desainnya Nonequivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah peserta didik Kelas III MIS darussalam Pontianak Timur dan sampelnya kelas III A dan III B yang berjumlah 68 menggunakan teknik sampling jenuh. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes dan lembar observasi. Teknik analisis datanya berupa uji validitas, uji realibiltas, uji kelayakkan intrumen, uji prasyarat , uji deskriptif dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Hasil belajar kelas kontrol sebelum menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media kartu soal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MIS Darussalam Pontianak Timur menunjukkan bahwa hasil belajar peserta didik yakni dengan presentasenya ketuntasan 70,58% Jadi dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik berada dikatergori “baik”. 2) Hasil belajar kelas eksperimen sesudah menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) berbantuan media kartu soal pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas III di MIS Darussalam Pontianak Timur menunjukkan hasil belajar peserta didik yakni dengan presentasenya ketuntasan sebesar 85,29%. Jadi dapat disimpulkan hasil belajar peserta didik berada dikatergori “sangat baik”. 3) Pengaruh model pembelajaran Think Pair Share (TPS) dengan berbantuan media kartu soal terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas III di MIS Darussalam Pontianak Timur. Hal ini ditunjukkan oleh data kelas kontrol menunjukan bahwa nilai signifikansi yang diperoleh sebesar 0,001 dan kelas eksperimen sebesar 0,001, yang nilainya lebih kecil dari taraf signifikasi yaitu <0,05. Hal ini menunjukan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan antara kedua kelas. Dengan kemudian hipotesis Ha diterima Ho ditolak |
en_US |