| dc.description.abstract |
SITI MAIMUNAH, Uji Kepraktisan dan Keefektifan Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android di Kelas V Pada Tema 3 SDN 09 Pontianak Timur. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak 2025.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemanfaatan media digital dalam pembelajaran tematik di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan bagian dari penelitian payung dan tahap lanjutan dari studi sebelumnya. Oleh karena itu, dikembangkan aplikasi bahan ajar tematik multimodal berbasis Android untuk mengetahui sejauh mana penggunaan aplikasi tersebut dapat meningkatkan kepraktisan dan keefektifan pembelajaran peserta didik kelas V di SDN 09 Pontianak Timur pada Tema 3 “Makanan Sehat”.
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang menggunakan model Four-D (4D) yang terdiri dari empat tahap, yaitu Define (pendefinisian); Design (perancangan); Develop (pengembangan); dan Disseminate (penyebarluasan). Namun, penelitian ini hanya melakukan tahap Develop saja karena dua tahap sebelumnya sudah dilakukan oleh mahasiswa PGMI angkatan 2018 yaitu riski Ramadhani. Subjek dalam penelitian ini adalah dua orang ahli (materi dan media), dua guru kelas V, dan 31 peserta didik kelas V. Data dikumpulkan melalui lembar validasi, angket kepraktisan, soal tes pre-test dan post-test dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aplikasi bahan ajar yang dikembangkan termasuk dalam kategori Sangat Layak dengan skor rata-rata validasi sebesar 3,91, kategori Sangat Praktis dengan skor rata-rata kepraktisan 3,76, serta hasil uji keefektif bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan hasil uji-t (beda) didapat nilai t hitung sebesar -13,6503 dan nilai t tabel sebesar 2,042272. Maka sesuai dengan kriteria uji yang telah ditetapkan, dengan nilai t hitung -13,6503 < nilai t tabel 2,042272 disimpulkan bahwa hipotesis awal diterima karena terdapat pengaruh yang signifikan antara hasil pre-test dan post-test peserta didik. Dengan demikian, Aplikasi Bahan Ajar Tematik Multimodal Berbasis Android yang dikembangkan dalam penelitian ini dinyatakan layak, praktis, dan efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran tematik kelas V SD pada Tema 3. |
en_US |