Abstract:
Latar belakang penelitian ini adalah tingkat literasi keuangan masyarakat
masih rendah, artinya masih sedikit orang Indonesia yang paham akan investasi.
Mengingat banyak sekali generasi milenial yang belum mengenal mengenai investasi
di pasar modal syariah.
Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menjelaskan manajemen Strategi yang
dilakukan Galeri Investasi Syariah FSEI IAIN Pontianak dalam menarik minat
mahasiswa berinvestasi syariah. 2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi Galeri
Investasi FSEI IAIN Pontianak untuk member penjelasan tentang solusi yang yang
digunakan untuk mengatasi kendala-kendala dalam menarik investor. Penelitian ini
menggunakan metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan
data dalam penelitian yaitu: a) wawancara kepada pengurus galeri, pegawai MNC
Sekuritas dan investor, b) Dokumentasi dalam penelitian ini yaitu berupa foto-foto
hasil wawancara, c) Observasi langsung pada Galeri Investasi Syariah BEI.
Kesimpulan Penelitian ini yaitu: 1) Manajemen strategi dalam meningkatkan
minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal, di antaranya yaitu: a) Pengamatan
lingkungan, dari segi pengamatan lingkungan terutama pada lingkungan kerja galeri
sudah nyaman dan baik namun fasilitas di Galeri Investasi Syariah BEI masih belum
menunjang kegiatan kerja, b) Perumusan strategi yang digunakan untuk menarik minat
mahasiswa masih belum banyak yang diterapkan, c) Implementasi, masih belum
maksimal, program kerja yang terlaksana untuk mengenalkan Pasar Modal Syariah
baru mampu menjangkau mahasiswa lingkup Fakultas Syariah Ekonomi Islam saja, d)
Evaluasi dan pengendalian, kegiatan masih perlu pemantauan khusus dari dosen yang
mendampingi KSPM agar setiap kegiatan berjalan sebagaimana mestinya,
pengendalian strategi di Galeri Investasi Syariah BEI untuk saat ini masih belum
efektif karena untuk penjalanan program belum terealisasi secara maksimal. 2) faktor
yang mempengaruh iminat mahasiswa, sebagai berikut: a) Faktor dari dalam, pihak
galeri investasi syariah mengadakan kompetisis dengan hadiah jutaan rupiah karena
keuntungan menjadi daya tarik, sedangkan untuk mengikuti kompetisi mahasiswa
diharuskan membuka account RDI. b) Faktor sosial, pihak galeri investasi syariah
mengadakan sosialisasi dan diskusi terbuka tentang pasar modal syariah untuk para
calon investor, karena pengetahuan sangat mempengaruhi dalam menumbuhkan minat
terhadap sesuatu, Banyak istilah-istilah dalam saham yang perlu dipelajari agar bisa
membaca pergerakan saham di pasar modal. c) Motif emosional, mahasiswa
hanyamengikuti dosen yang mengajar matakuliah manajemen investasi dan portofolio
yang mengharuskan untuk membuka RDI, ada juga yang tertarik karena dorongan dari
teman yang menceritakan keuntungan berinvestasi di pasar modal syariah.