STRATEGI MANAJEMEN GALERI INVESTASI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA IAIN JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH

Show simple item record

dc.contributor.advisor Syaifullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Aji Usman, Sandi
dc.contributor.author WAHYUNI, RIZKI
dc.date.accessioned 2022-06-17T10:43:20Z
dc.date.available 2022-06-17T10:43:20Z
dc.date.issued 2018-11-26
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/759
dc.description.abstract Latar belakang penelitian ini adalah tingkat literasi keuangan masyarakat masih rendah, artinya masih sedikit orang Indonesia yang paham akan investasi. Mengingat banyak sekali generasi milenial yang belum mengenal mengenai investasi di pasar modal syariah. Penelitian ini bertujuan: 1) untuk menjelaskan manajemen Strategi yang dilakukan Galeri Investasi Syariah FSEI IAIN Pontianak dalam menarik minat mahasiswa berinvestasi syariah. 2) untuk mengetahui kendala yang dihadapi Galeri Investasi FSEI IAIN Pontianak untuk member penjelasan tentang solusi yang yang digunakan untuk mengatasi kendala-kendala dalam menarik investor. Penelitian ini menggunakan metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian yaitu: a) wawancara kepada pengurus galeri, pegawai MNC Sekuritas dan investor, b) Dokumentasi dalam penelitian ini yaitu berupa foto-foto hasil wawancara, c) Observasi langsung pada Galeri Investasi Syariah BEI. Kesimpulan Penelitian ini yaitu: 1) Manajemen strategi dalam meningkatkan minat mahasiswa untuk berinvestasi di pasar modal, di antaranya yaitu: a) Pengamatan lingkungan, dari segi pengamatan lingkungan terutama pada lingkungan kerja galeri sudah nyaman dan baik namun fasilitas di Galeri Investasi Syariah BEI masih belum menunjang kegiatan kerja, b) Perumusan strategi yang digunakan untuk menarik minat mahasiswa masih belum banyak yang diterapkan, c) Implementasi, masih belum maksimal, program kerja yang terlaksana untuk mengenalkan Pasar Modal Syariah baru mampu menjangkau mahasiswa lingkup Fakultas Syariah Ekonomi Islam saja, d) Evaluasi dan pengendalian, kegiatan masih perlu pemantauan khusus dari dosen yang mendampingi KSPM agar setiap kegiatan berjalan sebagaimana mestinya, pengendalian strategi di Galeri Investasi Syariah BEI untuk saat ini masih belum efektif karena untuk penjalanan program belum terealisasi secara maksimal. 2) faktor yang mempengaruh iminat mahasiswa, sebagai berikut: a) Faktor dari dalam, pihak galeri investasi syariah mengadakan kompetisis dengan hadiah jutaan rupiah karena keuntungan menjadi daya tarik, sedangkan untuk mengikuti kompetisi mahasiswa diharuskan membuka account RDI. b) Faktor sosial, pihak galeri investasi syariah mengadakan sosialisasi dan diskusi terbuka tentang pasar modal syariah untuk para calon investor, karena pengetahuan sangat mempengaruhi dalam menumbuhkan minat terhadap sesuatu, Banyak istilah-istilah dalam saham yang perlu dipelajari agar bisa membaca pergerakan saham di pasar modal. c) Motif emosional, mahasiswa hanyamengikuti dosen yang mengajar matakuliah manajemen investasi dan portofolio yang mengharuskan untuk membuka RDI, ada juga yang tertarik karena dorongan dari teman yang menceritakan keuntungan berinvestasi di pasar modal syariah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.subject Manajemen Strategi, Investasi Syariah,Minat. en_US
dc.title STRATEGI MANAJEMEN GALERI INVESTASI SYARIAH DALAM MENINGKATKAN MINAT MAHASISWA IAIN JURUSAN PERBANKAN SYARIAH UNTUK BERINVESTASI DI PASAR MODAL SYARIAH en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account