Abstract:
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Tabungan Masa Depan Siswa
(Tamasa) yang merupakan salah satu produk yang dimiliki oleh Kopsyah Mitra
Masyarakat. Tamasa pada Kopsyah Mitra Masyarakat dijalankan dengan akad
wadi’ah yad dhamanah, di mana si penerima titipan dapat memanfaatkan barang
titipan tersebut dengan seizin pemiliknya dan menjamin untuk mengembalikan
titipan tersebut secara utuh setiap saat kala si pemilik menghendakinya. Produk ini
menarik karena mengambil segmen anak-anak, selain itu produk Tamasa ini
memperlakukan sistem jemput bola.
Penelitian ini adalah penelitian lapangan yang berlokasi di Jl. H. Rais A.
Arahman Gg. Waspada IV No. 13 dengan menggunakan teknik wawancara
dengan beberapa pihak dari pengurus Kopsyah Mitra Masyarakat. Tujuan
dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi bauran pemasaran
produk Tabungan masa depan siswa (Tamasa) pada Kopsyah Mitra Masyarakat
dan untuk mengetahui hambatan yang dihadapi oleh Kopsyah Mitra Masyarakat
dalam memasarkan produk Tabungan Masa Depan Siwa (Tamasa). Pengambilan
data dalam penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan
pendekatan kualitatif.
Dari hasil penelitian tersebut didapatlah hasil kesimpulan penelitian ini,
yaitu Koperasi Simpan Pinjam Pembiayaan Syariah Kopsyah Mitra Masyarakat
menggunakan strategi marketing mix (bauran pemasaran) dengan variabel product
(produk), price (harga), place (tempat), promotion (promosi), process (proses),
people (orang), physical evidence (bukti fisik). Strategi tersebut digunakan untuk
memasarkan produknya kepada anggota khususnya para pelajar yang ada di
daerah pinggiran Kota Pontianak. Adapun hambatan yang dihadapi Kopsyah
Mitra Masyarakat adalah hambatan yang berasal dari internal dan eksternal.