PENGARUH PENGGUNAAN MODEL (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK KELAS V MIS Al-AZHARSB. KUALA KEC. JAWAI TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.advisor Zulkarnain, Zulkarnain
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author Syarma, Maya
dc.date.accessioned 2025-08-27T08:39:13Z
dc.date.available 2025-08-27T08:39:13Z
dc.date.issued 2025-06-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7562
dc.description.abstract Maya Syarma (12110019) Pengaruh Penggunaan Model TGT (Team Games Tournamnet) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V di MIS Al-Azhar SB. Kuala Kec. Jawai Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025 Hasil belajar Matematika peserta didik kelas V MIS Al-Azhar SB. Kuala tergolong rendah, dengan mayoritas belum mencapai Keriteria Kentuntasan Minimal (KKM). Guru cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga perlu diterapkan model pembelajaran alternatif seperti Team Games Tournmant (TGT) yang bersifat kooperatif dan menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) penggunaan model TGT (Team Games tournament) dalam pembelajaran Matematika kelas V MIS Al-Azhar SB. Kuala Kec. Jawai tahun ajaran 2024/2025. 2) Hasil belajar peserta didik kelas V dalam pembelajaran Matemmatika di MIS Al-Azhar SB. Kuala Kec. Jawai tahun ajaran 2024/2025. 3) Seberapa besar pengaruh penggunaan model TGT (Team Games Tournmanet) terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran Matematika kelas V di MIS Al-Azhar SB. Kuala Kec. Jawai tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen dengan desain One Grup Pretest-Postest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas V sebanyak 30 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah soal pilihan ganda dan dokumentasi. Analisis data menggunakan statistik deskriptif dan uji hipotesis Hasil Penelitian menujukan bahwa: 1) Penggunaan model pembelajaran TGT (Team Games Tournamnet) pada mata pelajaran Matematika kelas V di MIS Al-Azhar SB. Kuala Kec. Jawai tahun ajaran 2024/2025 memperoleh angka sebesar 82,5% yang dikategorikan “Baik. 2) Hasil belajar peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) dari hasil belajar memiliki rata-rata 66,67% dengan rincian jumlah peserta didik yang tuntas KKM, 12 Peserta didik dan yang tidak tuntas 18 peserta didik 3) Berdasarkan hasil analisis regresi linear menujukan bahwa nilai thitung -0,127 dan ttabel 2,048, karena thitung < ttabel maka H0 diterima dan Ha ditolak. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model TGT (Team Games Tournmanet) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Team Games Tournamnet en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.subject Jaring Kubus dan Balok en_US
dc.title PENGARUH PENGGUNAAN MODEL (TEAM GAMES TOURNAMENT) TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATERI JARING-JARING KUBUS DAN BALOK KELAS V MIS Al-AZHARSB. KUALA KEC. JAWAI TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account