Abstract:
Juliani Syafitri. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan
Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Pembina Ngabang
Kabupaten Landak. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak. 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui., 1) kemampuan sosial
emosional sebelum penerapan metode bermain peran, 2) penerapan metode
bermain peran dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional, dan 3)
kemampuan sosial emosional setelah penerapan metode bermain peran.
Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Sumber
data terdiri dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah
wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Sedangkan alat
pengumpulan data adalah pedoman observasi dan foto.
Berdasarkan analisis data yang dilakukan. Penelitian ini menyimpulkan
pada metode bermain peran ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan
refleksi. Berikut dibawah ini tahapan penerapan metode bermain peran
mengembangakan kemampuan sosial emosional anak usia dini: 1). Kemampuan
sosial emosional sebelum penerapan metode bermain peran sebesar 20,32%, 2).
Guru membagi anak anak kedalam kelompok untuk mendapatkan masing masing
tugas yang sudah ditentukan, guru memberikan arahan awal, memantau jalannya
kegiatan, serta memberikan umpan balik selama dan sesudah kegiatan berlangsung.
3). Kemampuan sosial emosional setelah penerapan metode bermain peran hasil
persentase siklus I sebesar 77% meningkatan dengan sangat baik, sedangkan siklus
II meningkat dengan sempurna dengan hasil persentase 80,12%. Dapat disimpulkan
bahwa metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional
anak usia dini di TK Pembina Ngabang Kabupaten Landak.