PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI TK KELAS B4 PEMBINA NGABANG KABUPATEN LANDAK TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Aditya, Farninda
dc.contributor.advisor Kuranto, Muhammad Edi
dc.contributor.advisor Yusdiana, Yusdiana
dc.contributor.author Syafitri, Juliani
dc.date.accessioned 2025-08-27T06:06:29Z
dc.date.available 2025-08-27T06:06:29Z
dc.date.issued 2025-08-01
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7554
dc.description.abstract Juliani Syafitri. Penerapan Metode Bermain Peran dalam Mengembangkan Kemampuan Sosial Emosional Anak Usia Dini Di TK Pembina Ngabang Kabupaten Landak. Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui., 1) kemampuan sosial emosional sebelum penerapan metode bermain peran, 2) penerapan metode bermain peran dalam mengembangkan kemampuan sosial emosional, dan 3) kemampuan sosial emosional setelah penerapan metode bermain peran. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas. Sumber data terdiri dari guru dan anak. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi (pengamatan) dan dokumentasi. Sedangkan alat pengumpulan data adalah pedoman observasi dan foto. Berdasarkan analisis data yang dilakukan. Penelitian ini menyimpulkan pada metode bermain peran ini meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Berikut dibawah ini tahapan penerapan metode bermain peran mengembangakan kemampuan sosial emosional anak usia dini: 1). Kemampuan sosial emosional sebelum penerapan metode bermain peran sebesar 20,32%, 2). Guru membagi anak anak kedalam kelompok untuk mendapatkan masing masing tugas yang sudah ditentukan, guru memberikan arahan awal, memantau jalannya kegiatan, serta memberikan umpan balik selama dan sesudah kegiatan berlangsung. 3). Kemampuan sosial emosional setelah penerapan metode bermain peran hasil persentase siklus I sebesar 77% meningkatan dengan sangat baik, sedangkan siklus II meningkat dengan sempurna dengan hasil persentase 80,12%. Dapat disimpulkan bahwa metode bermain peran dapat mengembangkan kemampuan sosial emosional anak usia dini di TK Pembina Ngabang Kabupaten Landak. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Sosial Emosional en_US
dc.subject Metode Bermain Peran en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.title PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL PADA ANAK USIA DINI DI TK KELAS B4 PEMBINA NGABANG KABUPATEN LANDAK TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account