Abstract:
Latar belakang penelitian adalah terdapat masalah pada Bank Muamalat.
Kalangan pengamat pasar modal menilai permasalahan yang dialami PT. Bank
Muamalat Indonesia timbul karena kesalahan dalam menjalankan strategi bisnis
perusahaan. Bank Muamalat dinilai terlalu fokus pada pendanaan korporasi yang
mengakibatkan pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) bank
syariah pertama di Indonesia tersebut meningkat tajam. Kinerja Bank Muamalat
tergerus lonjakan pembiayaan bermasalah atau NPF dimana levelnya sempat di
atas 5%, lebih tinggi dari batas maksimal ketentuan regulator. Dalam laporan
keuangan perseroan, periode Januari-Agustus 2019, laba bersih Bank Muamalat
tercatat hanya mencapai Rp6,57 miliar. Padahal pada periode yang sama tahun
sebelumnya (Januari-Agustus 2018), laba bersih perusahaan mencapai 110,9
miliar.
Penelitian ini bertujuan untuk untuk: 1) mengetahui seberapa besar tingkat
kepercayaan nasabah terhadap Bank Muamalat Cabang Pontianak. 2) mengetahui
latarbelakang nasabah percaya pada Bank Muamalat Cabang Pontianak.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan
pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner
yang disebarkan kepada nasabah Bank Mumalat Cabang Pontianak. Sampel yang
diambil sebanyak 100 responden dengan teknik accidental sampling. Analisis data
dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif, analisis
indeks. Analisis data dibantu dengan menggunakan Ms. Excel dan program SPSS
versi 21.0 for windows.
Kesimpulan penelitian ini yaitu : 1) untuk uji validitas dari setiap pernyataan
butir soal untuk data tingkat kepercayaan nasabah di dapat nilai r hitung > dari r
kritis/ r tabel maka kesimpulannya setiap pernyataan butir soal pada data tingkat
kepercayaan nasabah dikatakan valid. Untuk uji reabilitas kriteria yang dikatakan
reliabel apabila nilai koefesien reliabilitas minimum 0.70, dan hasilnya dapat
dilihat bahwa setiap pernyataan butir soal untuk data tingkat kepercayaan nasabah
di dapat nilai koefesien reliabilitas alpha-cronbach sebesar 0.84. Maka
kesimpulannya setiap pernyataan butir soal pada data tingkat kepercayaan nasabah
dikatakan reliabel, dan hasil analisis indeks, tingkat kepercayaan nasabah Bank
Muamalat masuk dalam kategori tinggi sebesar 84,58%. 2) yang melatarbelakangi
atas rasa percaya nasabah yaitu cara berpakaian, sopan santun, mampu menjaga
kerahasiaan data-data nasabah, memiliki kejujuran yang baik, memberikan solusi
jika nasabah masih kebingungan. Serta Bank Muamalat juga cakap dalam
komunikasi serta menghargai pendapat nasabah serta sikap tanggung jawab.