ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP BANK MUAMALAT CABANG PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Atiqah, Nur
dc.contributor.advisor Luqman
dc.contributor.author AULIA, NIKE
dc.date.accessioned 2022-06-16T10:31:41Z
dc.date.available 2022-06-16T10:31:41Z
dc.date.issued 2020-08-25
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/755
dc.description.abstract Latar belakang penelitian adalah terdapat masalah pada Bank Muamalat. Kalangan pengamat pasar modal menilai permasalahan yang dialami PT. Bank Muamalat Indonesia timbul karena kesalahan dalam menjalankan strategi bisnis perusahaan. Bank Muamalat dinilai terlalu fokus pada pendanaan korporasi yang mengakibatkan pembiayaan bermasalah (non performing financing/NPF) bank syariah pertama di Indonesia tersebut meningkat tajam. Kinerja Bank Muamalat tergerus lonjakan pembiayaan bermasalah atau NPF dimana levelnya sempat di atas 5%, lebih tinggi dari batas maksimal ketentuan regulator. Dalam laporan keuangan perseroan, periode Januari-Agustus 2019, laba bersih Bank Muamalat tercatat hanya mencapai Rp6,57 miliar. Padahal pada periode yang sama tahun sebelumnya (Januari-Agustus 2018), laba bersih perusahaan mencapai 110,9 miliar. Penelitian ini bertujuan untuk untuk: 1) mengetahui seberapa besar tingkat kepercayaan nasabah terhadap Bank Muamalat Cabang Pontianak. 2) mengetahui latarbelakang nasabah percaya pada Bank Muamalat Cabang Pontianak. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Metode pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah Bank Mumalat Cabang Pontianak. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan teknik accidental sampling. Analisis data dalam penelitian ini meliputi uji validitas, uji reabilitas, analisis deskriptif, analisis indeks. Analisis data dibantu dengan menggunakan Ms. Excel dan program SPSS versi 21.0 for windows. Kesimpulan penelitian ini yaitu : 1) untuk uji validitas dari setiap pernyataan butir soal untuk data tingkat kepercayaan nasabah di dapat nilai r hitung > dari r kritis/ r tabel maka kesimpulannya setiap pernyataan butir soal pada data tingkat kepercayaan nasabah dikatakan valid. Untuk uji reabilitas kriteria yang dikatakan reliabel apabila nilai koefesien reliabilitas minimum 0.70, dan hasilnya dapat dilihat bahwa setiap pernyataan butir soal untuk data tingkat kepercayaan nasabah di dapat nilai koefesien reliabilitas alpha-cronbach sebesar 0.84. Maka kesimpulannya setiap pernyataan butir soal pada data tingkat kepercayaan nasabah dikatakan reliabel, dan hasil analisis indeks, tingkat kepercayaan nasabah Bank Muamalat masuk dalam kategori tinggi sebesar 84,58%. 2) yang melatarbelakangi atas rasa percaya nasabah yaitu cara berpakaian, sopan santun, mampu menjaga kerahasiaan data-data nasabah, memiliki kejujuran yang baik, memberikan solusi jika nasabah masih kebingungan. Serta Bank Muamalat juga cakap dalam komunikasi serta menghargai pendapat nasabah serta sikap tanggung jawab. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kepercayaan, Bank Muamalat en_US
dc.title ANALISIS TINGKAT KEPERCAYAAN NASABAH TERHADAP BANK MUAMALAT CABANG PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account