Abstract:
Delila Kumalasari 22342024. Pengaruh Kepercayaan Merek dan
Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan, Dampaknya
terhadap Keputusan Pemilihan Jasa Laundry pada Anggota TNI dan
Polri di Kota Pontianak, Prodi Magister Ekonomi Syariah, Fakultas
Magister Ekonomi dan Bisnis Syariah, Institut Agama Islam Negeri
(IAIN) Pontianak.
Latar belakang Anggota TNI dan Polri sering kali memiliki waktu
terbatas untuk melakukan kegiatan pribadi, termasuk mencuci
pakaian mereka sendiri. Oleh karena itu, layanan laundry yang
efisien sangat dibutuhkan agar mereka dapat fokus pada tugas utama
mereka. Kualitas pencucian dan keandalan layanan laundry sangat
penting bagi anggota TNI dan Polri, terutama terkait dengan pakaian
dinas mereka yang harus selalu dalam kondisi baik. Pada Studi ini
rajanya laundry juga sudah berpengalaman 11 tahun dalam mencuci
seragam TNI dan Polri bahkan sudah dijuluki sebagai spesialis
laundry seragam TNI dan Polri dengan tepat dan efesien sehingga
anggota TNI dan Polri pun sering mencuci di rajanya laundry Tujuan
Penelitian untuk mengetahui hubungan kepercayaan merek dan
kualitas terhadap loyalitas konsumen.
Jenis Penelitian ini dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian
korelasional merupakan suatu penelitian yang bertujuan untuk
mengetahui hubungan dan tingkat hubungan antara dua variabel atau
lebih.
Hasil Penelitian ini menunjukan bahwa bedasarkan peneltian yang
telah dilakukan, 1) Nilai’koefisien X1 terhadap X3 Original Sample
x Delila Kumalasari
(O) nilai estimasi parameter yang diperoleh dari sampel bernilai
0.369 Nilai O > 0,1 atau > 0,2 untuk menunjukkan pengaruh yang
lemah namun signifikan. sehingga P Value dengan nilai 0.181 > 0.05
Hasilnya tidak signifikan secara statistik sehingga dapat di katakan
hipotesis di tolak. 2) Nilai Koefesien X2 terhadap X3 Original Sample
(O) nilai estimasi parameter yang diperoleh dari sampel bernilai
0.610. Sehingga P Values dengan nilai 0.027 ≤ 0,01 Signifikan. 3)
Nilai Koefesien X3 terhadap Y Original Sample (O) nilai estimasi
parameter yang diperoleh dari sampel bernilai -0.116 P Values dengan
nilai 0.353 > 0.05 Hasilnya tidak signifikan secara statistik sehingga
hipotesis di tolak. 4) Nilai Koefesien X1 terhadap X3 terhadap Y
Original Sample (O) nilai estimasi parameter yang diperoleh dari
sampel bernilai -0.043 P Values dengan nilai 0.481 > 0.05 Hasilnya
tidak signifikan secara statistik sehingga hipotesis di tolak. 5) Nilai
Koefesien X2 terhadap X3 terhadap Y Original Sample (O) nilai
estimasi parameter yang diperoleh dari sampel bernilai -0.071 P
Values dengan nilai 0.376 > 0.05 Hasilnya tidak signifikan secara
statistik sehingga hipotesis di tolak.