Abstract:
Permasalahan dalam praktik jasa lembaga keuangan harus diatasi. Salah
satu tujuannya untuk menjaga kepercayaan masyarakat terhadap jasa lembaga
keuangan. Kondisi pasar saat ini tidak mendukung dan masyarakat tidak percaya
kepada jasa lembaga keuangan, maka pencapaian kestabilan sistem keuangan akan
sulit diperoleh. Tidak mudah bagi praktik jasa lembaga keuangan dalam
membangun sebuah brand, perlu perhatian khusus dari para pemimpin agar brand
yang dibangun bisa diterima konsumen, apalagi saat ini iklim usaha semakin
kompetitif. Hal ini dapat dilihat dari lembaga asuransi yang masih belum memiliki
banyak peminat dan masih diperlukannya strategi dalam menciptakan infrastruktur
dan pelayanan yang baik dari karyawan terhadap nasabahnnya misalnya seperti
sarana-prasana yang ada pada asuransi serta cepat dan tanggap dalam melayani
nasabah.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui pengaruh customer value
terhadap customer loyalty pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota
Pontianak. (2) Untuk mengetahui pengaruh brand image terhadap customer loyalty
pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak. (3) Untuk
mengetahui pengaruh customer value, dan brand image terhadap customer loyalty
pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak.
Metode yang digunakan adalah metode asosiatif dengan pendekatan
kuantitatif. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling
dalam pertimbangan responden yang dipilih adalah nasabah yang berdomisili di
wilayah Kota Pontianak dan nasabah pemegang polis Asuransi Jiwa Syariah
Bumiputera di Kota Pontianak dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini
berjumlah 76 nasabah dari 320 nasabah PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera Di
Pontianak. Teknik dan alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah
dengan alat berupa angket/kuesioner dan dokumentasi. Sedangkan untuk
menganalisis data peneliti menggunakan bantuan Program SPSS Versi 24.00.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai signifikan cutomer value
sebesar 0,000% dimana customer value berpengaruh secara individu terhadap
customer loyalty pada PT. Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak.
Sedangkan nilai signifikan brand image sebesar 0,047% dimana brand image
berpengaruh secara individu terhadap customer loyalty pada PT. Asuransi Jiwa
Syariah Bumiputera di Kota Pontianak. Dan dari hasil uji F hitung 34,985 dengan
nilai signifikan 0,000% dapat disimpulkan bahwa secara simultan customer value
dan brand image memiliki pengaruh terhadap customer loyalty Pada Perusahaan
Asuransi Jiwa Syariah Bumiputera di Kota Pontianak.