Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik di SD Negeri 04 Pontianak Timur

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Shobikah, Nanik
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Resvan, Resvan
dc.contributor.author Mahmuda, Mahmuda
dc.date.accessioned 2025-08-26T03:11:53Z
dc.date.available 2025-08-26T03:11:53Z
dc.date.issued 2024-06-21
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7525
dc.description.abstract Mahmuda, Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik di SD Negeri 04 Pontianak Timur, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan Penelitian ini adalah untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik sebelum diterapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media kartu kata bergambar. 2) Mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media kartu kata bergambar untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan peserta didik. 3) Mendeskripsikan kemampuan membaca permulaan peserta didik pada setelah diterapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media kartu kata bergambar. 4) Mendeskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan peserta sebelum dan setelah diterapkan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) berbantuan media kartu kata bergambar. Jenis Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan subjek penelitian yaitu peserta didik kelas 1 SD Negeri 04 Pontianak Timur berjumlah 28 peserta didik. Tahapan pada penelitian ini terdiri dari tahap perancanaan, tahap pelaksanaan, tahap observasi, tahap refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah teknik observasi, teknik tes, dan dokumentasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, lembar tes dan dokumen. Analisis data menggunakan analisis deskriftif yang diolah dengan perhitungan rata-rata dan persentase. Berdasarkan analisis dilakukan, dapat disimpulkan bahwa:1) Kemampuan membaca permulaan sebelum diterapkan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) terdapat 0(0%) sangat baik,13(46,43%) baik, 9(32,14%) cukup dan 6(21,43%) kurang. 2) Langkah-langkah ini terdiri dari 2 siklus. Siklus I terdapat kekurangan pada guru belum maksimal hal ini karena peserta didik masih ada yang sibuk sendiri diperbaiki pada siklus II dengan cara memberi kegiatan selingan agar kelas tetap kondusif. 3)Kemampuan membaca permulaan setelah menggunakan metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) pada siklus I terdapat 6(21,43%) sangat baik , 15(53,57%) baik, 6(21,43%) cukup dan 1(3,57%) kurang. Dan pada siklus II terdapat nilai rata rata 82,14% dengan 16(57,14%) sangat baik, 11 (39,29%) baik, 1(3,57%) dan tidak ada peserta didik yang kurang. 4)Peningkatan nilai rata-rata membaca permulaan pada siklus I sebesar 14,86, yang kondisi awal 54,17 meningkat menjadi 69,03 dan pada siklus II sebesar 27,97 yang kondisi awal 54,17 meningkat menjadi 82,14. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Struktural Analitik Sintetik (SAS) en_US
dc.subject Kemampuan en_US
dc.subject Membaca en_US
dc.subject Permulaan en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Kartu Kata Bergambar en_US
dc.title Penerapan Metode Struktural Analitik Sintetik (SAS) Berbantuan Media Kartu Kata Bergambar Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik di SD Negeri 04 Pontianak Timur en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account