Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di MIS Muhammadiyah Parit Banjar Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.advisor Budi, Firman Shantya
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.advisor Asmiati, Asmiati
dc.contributor.author RAHMAWATI, NURIZA
dc.date.accessioned 2025-08-26T02:45:38Z
dc.date.available 2025-08-26T02:45:38Z
dc.date.issued 2024-06-14
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7523
dc.description.abstract NURIZA RAHMAWATI. Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di MIS Muhammadiyah Parit Banjar Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik kelas III MIS Muhammadiyah Parit Banjar pada mata pelajaran Matematika materi perkalian dengan menerapkan model pembelajaran Make a Match. Penelitian ini termasuk dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, tahap pelaksanaan, tahap pengamatan dan tahap refleksi. Peneliti menggunakan Peneliatian Tindakan Kelas (PTK) karena bentuk penelitian yang terjadi di dalam kelas berupa tindakan tertentu yang dilakukan untuk memperbaiki proses belajar mengajar guna meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III MIS Muhammadiyah Parit Banjar yang berjumlah sebelas peserta didik dan guru Matematika kelas III di Madrasah Ibtidaiyah Parit Banjar. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes dan dokumentasi. Metode penelitian yang digunakan oleh peneliti yaitu metode deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil belajar peserta didik yang mencapai KKM pada mata pelajaran Matematika materi perkalian pada siklus I sebesar 54,55% dan pada siklus II mengalami peningkatan sebanyak 27,27% menjadi 81,82%. Peningkatan hasil belajar disebabkan karena peserta didik lebih fokus mendengarkan penjelasan guru. Interaksi antara peserta didik dengan guru juga terlihat sangat efektif, mulai dari banyak peserta didik bertanya maupun menjawab pertanyaan dari guru. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar peserta didik yang ditandai dengan tercapainya kriteria ketuntasan minimum (KKM) dengan rata-rata ketuntasan mencapai 80% pada pembelajaran Matematika materi perkalian. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Hasil Belajar en_US
dc.subject Matematika en_US
dc.subject Model en_US
dc.subject Pembelajaran en_US
dc.subject Make a Match en_US
dc.title Penerapan Model Pembelajaran Make a Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Matematika di MIS Muhammadiyah Parit Banjar Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account