Abstract:
Perkembangan teknologi yang menjadi bahan kajian terkini di Indonesia
adalah Teknologi Finansial atau Financial Technology (FinTech) dalam
lembaga perbankan. Financial Technology pada era digital adalah peluang
sekaligus tantangan bagi bank syariah, hal ini mempermudah para pengguna
jasa bank syariah untuk memenuhi kebutuhan financial access yang semakin
kompleks. BNI Syariah menghadirkan inovasi baru dalam jasa layanan
financial technology. Jasa layanan financial technology terbaru dari BNI
Syariah tersebut yakni produk Hasanah Online. Hasanah Online merupakan
fasilitas pembukaan rekening dengan mengisi elektronik aplikasi pada situs
(website) BNI Syariah dengan nama Aplikasi Pembukaan Rekening Online
(APRO). Dan adapun model penerimaan aplikasi iB Hasanah online yang
peneliti gunakan berdasarkan konsep TAM. Konsep persepsi dapat
memunculkan keinginan untuk selalu menggunkan atau tidak yang pada
akhirnya berdampak pada tingkat kepuasan seseorang dalam menggunakan
teknologi tersebut.
Tujuan penelitian ini menguji : 1) pengaruh persepsi terhadap kepuasan
nasabah. 2) pengaruh persepsi terhadap minat nasabah. 3) pengaruh kepuasan
terhadap minat nasabah. 4) pengaruh persepsi terhadap minat nasabah dengan
kepuasan sebagai variabel intervening.
Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal dan
pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BNI
Syariah Kota Pontianak.
Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaruh persepsi
nasabah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Sig.
sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien beta 0,779. Pengaruh persepsi nasabah
berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai Sig. sebesar 0,000
< 0,05 dan nilai koefisien beta 0,405 dan nilai t hitung persepsi nasabah 9,767
lebih besar dari t tabel 2,000. Pengaruh kepuasan nasabah berpengaruh signifikan
terhadap minat nasabah dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai
koefisien beta 0,709. Hubungan persepsi nasabah terhadap minat nasabah untuk
menggunakan iB Hasanah online BNI syariah tidak dipengaruhi oleh tingkat
kepuasan sebagai variabel intervening dengan nilai Sig. 0,070 > 0,05.