PENGARUH PERSEPSI TERHADAP MINAT DENGAN KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY iB HASANAH ONLINE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rasiam
dc.contributor.advisor Verdianti
dc.contributor.author MA’RIFAH, FATHONATUL
dc.date.accessioned 2022-06-16T08:10:35Z
dc.date.available 2022-06-16T08:10:35Z
dc.date.issued 2019-01-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/751
dc.description.abstract Perkembangan teknologi yang menjadi bahan kajian terkini di Indonesia adalah Teknologi Finansial atau Financial Technology (FinTech) dalam lembaga perbankan. Financial Technology pada era digital adalah peluang sekaligus tantangan bagi bank syariah, hal ini mempermudah para pengguna jasa bank syariah untuk memenuhi kebutuhan financial access yang semakin kompleks. BNI Syariah menghadirkan inovasi baru dalam jasa layanan financial technology. Jasa layanan financial technology terbaru dari BNI Syariah tersebut yakni produk Hasanah Online. Hasanah Online merupakan fasilitas pembukaan rekening dengan mengisi elektronik aplikasi pada situs (website) BNI Syariah dengan nama Aplikasi Pembukaan Rekening Online (APRO). Dan adapun model penerimaan aplikasi iB Hasanah online yang peneliti gunakan berdasarkan konsep TAM. Konsep persepsi dapat memunculkan keinginan untuk selalu menggunkan atau tidak yang pada akhirnya berdampak pada tingkat kepuasan seseorang dalam menggunakan teknologi tersebut. Tujuan penelitian ini menguji : 1) pengaruh persepsi terhadap kepuasan nasabah. 2) pengaruh persepsi terhadap minat nasabah. 3) pengaruh kepuasan terhadap minat nasabah. 4) pengaruh persepsi terhadap minat nasabah dengan kepuasan sebagai variabel intervening. Metode penelitian ini menggunakan metode asosiatif kausal dan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah BNI Syariah Kota Pontianak. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pengaruh persepsi nasabah berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien beta 0,779. Pengaruh persepsi nasabah berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien beta 0,405 dan nilai t hitung persepsi nasabah 9,767 lebih besar dari t tabel 2,000. Pengaruh kepuasan nasabah berpengaruh signifikan terhadap minat nasabah dengan nilai Sig. sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai koefisien beta 0,709. Hubungan persepsi nasabah terhadap minat nasabah untuk menggunakan iB Hasanah online BNI syariah tidak dipengaruhi oleh tingkat kepuasan sebagai variabel intervening dengan nilai Sig. 0,070 > 0,05. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Fintech en_US
dc.subject Kepuasan Nasabah id
dc.subject Teknologi Finansial id
dc.subject Perbankan Syariah id
dc.subject Minat Nasabah id
dc.title PENGARUH PERSEPSI TERHADAP MINAT DENGAN KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN FINANCIAL TECHNOLOGY iB HASANAH ONLINE SEBAGAI VARIABEL INTERVENING en_US
dc.title.alternative Studi pada nasabah BNI Syariah Kota Pontianak en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account