Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Strategi Poster Comment Divariasikan Dengan Media Puzzle Pada Tema Peristiwa Alam Di Kelas I SD Negeri 16 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2019/2020: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2019

Show simple item record

dc.contributor.author Khaqiqi, Rizqi Nurul
dc.date.accessioned 2021-03-19T08:46:42Z
dc.date.available 2021-03-19T08:46:42Z
dc.date.issued 2019-12-31
dc.identifier.uri http://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/74
dc.description.abstract Penelitian ini di latar belakangi bahwa untuk menunjang agar pembelajaran dapat dipahami siswa, guru harus bisa membuat pembelajaran yang menarik. Penggunaan strategi dan media pembelajaran diperlukan untuk mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga aktivitas siswa dalam belajar dapat ditunjukkan dengan keaktifannya dalam proses belajar mengajar. Namun kenyataannya di SD Negeri 16 Pontianak Kota belum berlangsung secara maksimal, hal ini terlihat dari pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga terdapat siswa yang kurang memperhatikan guru, siswa cendrung terlihat sangat jenuh saat pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa menggunakan strategi poster comment divariasikan dengan media puzzle pada tema peristiwa alam di kelas I SD Negeri 16 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2019/2020 Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 21. Alat pengumpulan data berupa observasi dan dokumen. Kemudian data tersebut diproses dengan menglompokkan data berdasarkan variabel dan seluruh reponden yang disajikan secara sistematis melalui analisis deskriptif yang dipaparkan secara aktual dan faktual. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) aktivitas belajar siswa sebelum menggunakan strategi poster comment divariasikan dengan media puzzle menunjukkan persentase sebesar 52% dengan kategori sedang (2) penerapan strategi poster comment divariasikan dengan media puzzle pada tema peristiwa alam telah sesuai yang terdapat pada Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan memperhatikan langkah-langkah pembelajaran sesuai dengan strategi poster comment divariasikan dengan media puzzle (3) aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran pada siklus I mencapai 77% dengan kategori tinggi, kemudian meningkat pada siklus II menjadi 88% dengan kategori tinggi (4) Terdapat peningkatan aktivitas belajar antara data pra siklus hingga siklus I sebesar 25% sedangkan siklus I hingga siklus II sebesar 11%. Kata Kunci: Aktivitas belajar, strategi poster comment, media puzzle en_US
dc.language.iso Indonesia id
dc.subject Aktivitas Belajar id
dc.subject Strategi poster comment id
dc.subject Media Puzzle id
dc.title Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Menggunakan Strategi Poster Comment Divariasikan Dengan Media Puzzle Pada Tema Peristiwa Alam Di Kelas I SD Negeri 16 Pontianak Kota Tahun Pelajaran 2019/2020: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI). Insitut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2019 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account