dc.description.abstract |
Penelitian ini di latar belakangi bahwa untuk menunjang agar
pembelajaran dapat dipahami siswa, guru harus bisa membuat pembelajaran
yang menarik. Penggunaan strategi dan media pembelajaran diperlukan
untuk mempermudah guru dalam melaksanakan pembelajaran sehingga
aktivitas siswa dalam belajar dapat ditunjukkan dengan keaktifannya dalam
proses belajar mengajar. Namun kenyataannya di SD Negeri 16 Pontianak
Kota belum berlangsung secara maksimal, hal ini terlihat dari pembelajaran
yang berpusat pada guru sehingga terdapat siswa yang kurang
memperhatikan guru, siswa cendrung terlihat sangat jenuh saat
pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas
belajar siswa menggunakan strategi poster comment divariasikan dengan
media puzzle pada tema peristiwa alam di kelas I SD Negeri 16 Pontianak
Kota Tahun Pelajaran 2019/2020
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah
metode kuantitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian
ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 21. Alat pengumpulan data berupa
observasi dan dokumen. Kemudian data tersebut diproses dengan
menglompokkan data berdasarkan variabel dan seluruh reponden yang
disajikan secara sistematis melalui analisis deskriptif yang dipaparkan
secara aktual dan faktual.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) aktivitas
belajar siswa sebelum menggunakan strategi poster comment divariasikan
dengan media puzzle menunjukkan persentase sebesar 52% dengan kategori
sedang (2) penerapan strategi poster comment divariasikan dengan media
puzzle pada tema peristiwa alam telah sesuai yang terdapat pada Rencana
Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dengan memperhatikan langkah-langkah
pembelajaran sesuai dengan strategi poster comment divariasikan dengan
media puzzle (3) aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran pada
siklus I mencapai 77% dengan kategori tinggi, kemudian meningkat pada
siklus II menjadi 88% dengan kategori tinggi (4) Terdapat peningkatan
aktivitas belajar antara data pra siklus hingga siklus I sebesar 25%
sedangkan siklus I hingga siklus II sebesar 11%.
Kata Kunci: Aktivitas belajar, strategi poster comment, media puzzle |
en_US |