Abstract:
SYARIF SULTAN, Strategi Komunikasi Digital Pada Masjid Ismuhu Yahya di Kabupaten Kubu Raya: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam , Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui bentuk komunikasi digital yang di gunakan oleh Masjid Ismuhu Yahya; 2) mengetahui strategi komunikasi digital yang di terapkan oleh Masjid Ismuhu Yahya
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus sumber data pemilihan informan menggunakan purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak empat orang, yaitu pimpinan media center dan staf pengelola media digital masjid. dengan tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh pengelola media sosial Masjid Ismuhu Yahya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, termasuk dokumentasi proses produksi konten digital yang dipublikasikan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang dibantu dengan software NVivo 15. Selain itu, dilakukan pula analisis dokumentasi digital, seperti unggahan media sosial dan konten dakwah yang telah dipublikasikan oleh pihak masjid.
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Bentuk komunikasi digital yang diterapkan Masjid Ismuhu Yahya meliputi penggunaan media sosial dan media online seperti Instagram, Threads, Tiktok, Youtube, Facebook dan website dalam menyampaikan konten dakwah, informasi tentang masjid, kegiatan, serta interaksi dua arah dengan jamaah; 2) Strategi komunikasi digital dalam menjangkau jamaah memulai nya dari perencanaan yaitu dengan mengenal khalyak, pemilihan media, menyusun pesan, dan metode yang di gunakan hingga dapat meningkatkan keterlibatan audiens dalam kegiatan keagamaan yang di buat oleh Masjid Ismuhu Yahya.