STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL PADA MASJID ISMUHU YAHYA DI KABUPATEN KUBU RAYA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Aminah, Syarifah
dc.contributor.advisor Habibi, Muhammad
dc.contributor.advisor Kusumayanti, Fitri
dc.contributor.advisor Supiandi, Haris
dc.contributor.author SULTAN, SYARIF
dc.date.accessioned 2025-08-25T02:55:11Z
dc.date.available 2025-08-25T02:55:11Z
dc.date.issued 2025-06-23
dc.identifier.citation APA(American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7497
dc.description.abstract SYARIF SULTAN, Strategi Komunikasi Digital Pada Masjid Ismuhu Yahya di Kabupaten Kubu Raya: Fakultas Dakwah dan Komunikasi Islam , Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) Mengetahui bentuk komunikasi digital yang di gunakan oleh Masjid Ismuhu Yahya; 2) mengetahui strategi komunikasi digital yang di terapkan oleh Masjid Ismuhu Yahya Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus sumber data pemilihan informan menggunakan purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak empat orang, yaitu pimpinan media center dan staf pengelola media digital masjid. dengan tujuan untuk mengetahui strategi komunikasi digital yang diterapkan oleh pengelola media sosial Masjid Ismuhu Yahya. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi, termasuk dokumentasi proses produksi konten digital yang dipublikasikan. Analisis data dilakukan melalui tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, yang dibantu dengan software NVivo 15. Selain itu, dilakukan pula analisis dokumentasi digital, seperti unggahan media sosial dan konten dakwah yang telah dipublikasikan oleh pihak masjid. Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) Bentuk komunikasi digital yang diterapkan Masjid Ismuhu Yahya meliputi penggunaan media sosial dan media online seperti Instagram, Threads, Tiktok, Youtube, Facebook dan website dalam menyampaikan konten dakwah, informasi tentang masjid, kegiatan, serta interaksi dua arah dengan jamaah; 2) Strategi komunikasi digital dalam menjangkau jamaah memulai nya dari perencanaan yaitu dengan mengenal khalyak, pemilihan media, menyusun pesan, dan metode yang di gunakan hingga dapat meningkatkan keterlibatan audiens dalam kegiatan keagamaan yang di buat oleh Masjid Ismuhu Yahya. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject strategi komunikasi en_US
dc.subject media digital en_US
dc.subject masjid en_US
dc.subject dakwah en_US
dc.title STRATEGI KOMUNIKASI DIGITAL PADA MASJID ISMUHU YAHYA DI KABUPATEN KUBU RAYA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account