Abstract:
Latar belakang penelitian ini yaitu kararkteristik Sharia Marketing pada
karyawan BMT UGT Sidogiri yang mengimplementasikan pada anggota maupun
calon anggota untuk meningkatkan Standar Operasional Prosedur. Sharia Marketing
merupakan konsep marketing yang menjadi solusi alternatif dalam praktek bisnis di
tengah persaingan yang ketat.
Subyek penelitian ini adalah karyawan BMT UGT Sidogiri Pontianak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif sedangkan metode yang digunakan
adalah deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang telah terkumpul
diolah dengan menggunakan analisis data dengan urutan kegiatan: 1) reduksi data, 2)
penyajian data, dan 3) penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasi penelitian yang dilakukan peneliti di BMT UGT Sidogiri
Pontianak, analisis data pengecekan keabsahan data yang diperoleh dari lapangan.
Bahwa karakteristik Sharia Marketing telah diimplementasikan di BMT UGT
Sidogiri di Pontianak pada unsur-unsur Teistis (Rabbaniyyah), Etis (Akhlaqiyyah),
Realistis (Al-waqiyyah), dan Humanistis (Al-insaniyyah).