Abstract:
RISMA NOVALIA, 11811070 Penerapan Pembelajaran Kelas
Rangkap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 18
Tanjak Mulong Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau, Program Studi
Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut
Agama Islam Negeri Pontianak, 2025.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah yang berada diwilayah
terpencil dan serba dalam keterbatasan namun tetap menyalurkan sebuah
pendidikan demi hak masa depan bagi setiap anak dengan berbagai upaya
menerapkan salah satu model pembelajaran. Dan penelitian ini bertujuan
untuk mengdeskripsikan Penerapan PKR pada mata pelajaran PAI dan
untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat ketika penerapan
PKR pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 18 Tanjak Mulong Kecamatan
Meliau.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data
primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap
kepala sekolah, guru PAI dan beberapa siswa muslim. Teknik analisis data
meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan serta verifikasi
kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi dan member
check.
Hasil penelitian menunjukan: 1) penerapan pembelajaran kelas
rangkap melalui beberapa tahapan yakni : Perencanaan, perencanaan ini
belum dilaksanakan secara formal melalui penyusunan RPP tertulis. Proses,
guru PAI mampu mengelola dua tingkat kelas secara bersamaan dengan
strategi dan metode yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Hasil
Pembelajaran, ditentukan oleh kualitas pendekatan guru dari pada
kelengkapan administrasi pembelajaran. Sedangkan yang menjadi faktor
pendukung adalah dukungan kepala sekolah dan lingkungan sosial juga
orang tua. 2) Sedangkan faktor penghambat adalah jumlah peserta didik,
kondisi geografis, kurangnya kompetensi pelatihan guru serta minat dan
motivasi.