PENERAPAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 18 TANJAK MULONG MELIAU KABUPATEN SANGGAU TAHUN AJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosilawati, Ana
dc.contributor.advisor Pranata, Alvira
dc.contributor.advisor Abdullah, Faisal
dc.contributor.advisor AR, Eka Hendry
dc.contributor.author Novalia, Risma
dc.date.accessioned 2025-08-20T06:52:05Z
dc.date.available 2025-08-20T06:52:05Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7463
dc.description.abstract RISMA NOVALIA, 11811070 Penerapan Pembelajaran Kelas Rangkap Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SD Negeri 18 Tanjak Mulong Kecamatan Meliau Kabupaten Sanggau, Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2025. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sekolah yang berada diwilayah terpencil dan serba dalam keterbatasan namun tetap menyalurkan sebuah pendidikan demi hak masa depan bagi setiap anak dengan berbagai upaya menerapkan salah satu model pembelajaran. Dan penelitian ini bertujuan untuk mengdeskripsikan Penerapan PKR pada mata pelajaran PAI dan untuk mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat ketika penerapan PKR pada mata pelajaran PAI di SD Negeri 18 Tanjak Mulong Kecamatan Meliau. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi terhadap kepala sekolah, guru PAI dan beberapa siswa muslim. Teknik analisis data meliputi kondensasi data, penyajian data dan penarikan serta verifikasi kesimpulan. Keabsahan data diperoleh melalui triangulasi dan member check. Hasil penelitian menunjukan: 1) penerapan pembelajaran kelas rangkap melalui beberapa tahapan yakni : Perencanaan, perencanaan ini belum dilaksanakan secara formal melalui penyusunan RPP tertulis. Proses, guru PAI mampu mengelola dua tingkat kelas secara bersamaan dengan strategi dan metode yang disesuaikan dengan kemampuan siswa. Hasil Pembelajaran, ditentukan oleh kualitas pendekatan guru dari pada kelengkapan administrasi pembelajaran. Sedangkan yang menjadi faktor pendukung adalah dukungan kepala sekolah dan lingkungan sosial juga orang tua. 2) Sedangkan faktor penghambat adalah jumlah peserta didik, kondisi geografis, kurangnya kompetensi pelatihan guru serta minat dan motivasi. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Penerapan en_US
dc.subject Pembelajaran Kelas Rangkap en_US
dc.subject Mata Pelajaran PAI en_US
dc.title PENERAPAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP (PKR) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DI SD NEGERI 18 TANJAK MULONG MELIAU KABUPATEN SANGGAU TAHUN AJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account