Abstract:
VENTI HERLINA. 11814040. Penggunaan Media Pembelajaran Oleh
Guru Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Kelas A1 TK
Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi
Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut
Agama Islam Negeri Pontianak, 2024/2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media pembelajaran yang
digunakan oleh guru dalam proses pengenalan huruf hijaiyah kepada anak usia dini
di TK Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) langkah-langkah
penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah
kepada anak usia dini di TK Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran
2024/2025. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan media
pembelajaran oleh guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini
di TK Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran 2024/2025.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif.
Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Oesman Al-Khair Sukadana, Kabupaten
Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Teknik pengumpulan data yang
digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data
menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik
pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik,
dan triangulasi waktu.
Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) media
pembelajaran yang digunakan guru yaitu buku iqra, kartu huruf hijaiyah, papan tulis
dan spidol, media lagu. 2) langkah-langkah penggunaan media pembelajaran oleh
guru dilakukan melalui tiga tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan
evaluasi. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam pengenalan huruf
hijaiyah yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal