PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI KELAS A1 TK OESMAN AL-KHAIR SUKADANA TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sapendi, Sapendi
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Harriska, Harriska
dc.contributor.author Herlina, Venti
dc.date.accessioned 2025-08-20T06:45:13Z
dc.date.available 2025-08-20T06:45:13Z
dc.date.issued 2025-07-10
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7462
dc.description.abstract VENTI HERLINA. 11814040. Penggunaan Media Pembelajaran Oleh Guru Dalam Mengenalkan Huruf Hijaiyah Pada Anak Usia Dini Kelas A1 TK Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran 2024/2025. Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Pontianak, 2024/2025. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) media pembelajaran yang digunakan oleh guru dalam proses pengenalan huruf hijaiyah kepada anak usia dini di TK Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran 2024/2025. 2) langkah-langkah penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini di TK Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran 2024/2025. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi dalam penggunaan media pembelajaran oleh guru dalam mengenalkan huruf hijaiyah kepada anak usia dini di TK Oesman Al-Khair Sukadana Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Lokasi penelitian ini dilakukan di TK Oesman Al-Khair Sukadana, Kabupaten Kayong Utara, Provinsi Kalimantan Barat. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Berdasarkan data dan hasil analisis, disimpulkan sebagai berikut: 1) media pembelajaran yang digunakan guru yaitu buku iqra, kartu huruf hijaiyah, papan tulis dan spidol, media lagu. 2) langkah-langkah penggunaan media pembelajaran oleh guru dilakukan melalui tiga tahapan utama yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi guru dalam pengenalan huruf hijaiyah yaitu ada faktor internal dan faktor eksternal en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Huruf Hijaiyah en_US
dc.subject Guru en_US
dc.subject Anak Usia Dini en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN OLEH GURU DALAM MENGENALKAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI KELAS A1 TK OESMAN AL-KHAIR SUKADANA TAHUN PELAJARAN 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account