Abstract:
Penelitian ini membahas tentang kepuasan nasabah terhadap produk
multiguna tanpa agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pasar Dahlia, penelitian
ini dilatar belakangi oleh banyaknya minat pedagang pasar dalam menggunakan
produk multiguna tanpa agunan ini untuk modal usaha, memenuhi kebutuhan
pokok, memenuhi kebutuhan konsumtif, dan sewa menyewa dalam jasa maupun
keuangan.
Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat pelayanan
BMT UGT Sidogiri Cabang Pasar Dahlia dalam melayani nasabah yang akan
melakukan pencairan produk Multiguna Tanpa Agunan, (2) Untuk mengetahui
faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam menggunakan
produk Multiguna Tanpa Agunan, (3) Untuk mengetahui tingkat kepuasan
nasabah dalam menggunakan produk Multiguna Tanpa Agunan ini.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini
terdiri dari sumber data primer dan sekunder yaitu (1) sumber primer adalah
nasabah dengan karakteristik : lamanya menjadi nasabah, persyaratan pencairan
produk MTA. (2) Sumber sekunder adalah pengurus BMT UGT Sidogiri Cabang
Pasar Dahlia yang berhak memberikan produk MTA kepada pedagang pasar.
Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi
tidak langsung dengan menggunakan telpon genggam
Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan
bahwa : (1) Tingkat pelayanan BMT dalam melayani nasabah dengan nilai rata-
rata sebesar 3,80, yang berarti pelayanan BMT dinilai cukup baik, tetapi untuk
mencapai tingkatan yang lebih tinggi BMT harus melakukan evaluasi terhadap
pelayanan. (2) Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah antara lain
adalah tidak adanya agunan dalam mencairkan produk MTA, sistem jemput bola
yang memudahkan nasabah untuk menabung, manfaat produk MTA bagi nasabah,
maksimal pencairan dana pada produk MTA, serta kegunaan pada produk MTA
untuk nasabah. (3) Tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan produk MTA
adalah sebesar 75,36. Artinya nasabah berada pada tingkat “Puas” dalam
menggunakan produk MTA. Untuk mendapatkan tingkat kepuasan yang tinggi
BMT harus mengevaluasi lagi pada pelayanan dan produk yang telah ditawarkan
kepada nasabah.