ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK MULTIGUNA TANPA AGUNAN DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PASAR DAHLIA

Show simple item record

dc.contributor.advisor Sumin
dc.contributor.advisor Sabirin
dc.contributor.author TAUHID MAULANA, ANDRO
dc.date.accessioned 2022-06-16T03:01:32Z
dc.date.available 2022-06-16T03:01:32Z
dc.date.issued 2021-02-16
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/746
dc.description.abstract Penelitian ini membahas tentang kepuasan nasabah terhadap produk multiguna tanpa agunan di BMT UGT Sidogiri Cabang Pasar Dahlia, penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya minat pedagang pasar dalam menggunakan produk multiguna tanpa agunan ini untuk modal usaha, memenuhi kebutuhan pokok, memenuhi kebutuhan konsumtif, dan sewa menyewa dalam jasa maupun keuangan. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui tingkat pelayanan BMT UGT Sidogiri Cabang Pasar Dahlia dalam melayani nasabah yang akan melakukan pencairan produk Multiguna Tanpa Agunan, (2) Untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi kepuasan nasabah dalam menggunakan produk Multiguna Tanpa Agunan, (3) Untuk mengetahui tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan produk Multiguna Tanpa Agunan ini. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber data primer dan sekunder yaitu (1) sumber primer adalah nasabah dengan karakteristik : lamanya menjadi nasabah, persyaratan pencairan produk MTA. (2) Sumber sekunder adalah pengurus BMT UGT Sidogiri Cabang Pasar Dahlia yang berhak memberikan produk MTA kepada pedagang pasar. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah teknik komunikasi tidak langsung dengan menggunakan telpon genggam Berdasarkan pada analisis yang dilakukan, maka penulis menyimpulkan bahwa : (1) Tingkat pelayanan BMT dalam melayani nasabah dengan nilai rata- rata sebesar 3,80, yang berarti pelayanan BMT dinilai cukup baik, tetapi untuk mencapai tingkatan yang lebih tinggi BMT harus melakukan evaluasi terhadap pelayanan. (2) Beberapa faktor yang mempengaruhi kepuasan nasabah antara lain adalah tidak adanya agunan dalam mencairkan produk MTA, sistem jemput bola yang memudahkan nasabah untuk menabung, manfaat produk MTA bagi nasabah, maksimal pencairan dana pada produk MTA, serta kegunaan pada produk MTA untuk nasabah. (3) Tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan produk MTA adalah sebesar 75,36. Artinya nasabah berada pada tingkat “Puas” dalam menggunakan produk MTA. Untuk mendapatkan tingkat kepuasan yang tinggi BMT harus mengevaluasi lagi pada pelayanan dan produk yang telah ditawarkan kepada nasabah. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.title ANALISIS KEPUASAN NASABAH TERHADAP PRODUK MULTIGUNA TANPA AGUNAN DI BMT UGT SIDOGIRI CABANG PASAR DAHLIA en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account