Penerapan Metode Jolly Phonics Divariasikan Dengan Media Scrapbook Terhadap Keterampilan Berbahasa Di Kelas I Mis Al-Jihad Pontianak Kota Tahun Ajaran 2024/2025

Show simple item record

dc.contributor.advisor Kartini, Kartini
dc.contributor.advisor Prakoso, Imam Agung
dc.contributor.advisor Rahnang, Rahnang
dc.contributor.advisor Setyaningrum, Vidya
dc.contributor.author Arianti, Ajeng
dc.date.accessioned 2025-08-20T03:38:40Z
dc.date.available 2025-08-20T03:38:40Z
dc.date.issued 2025-08-20
dc.identifier.citation APA (American Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7457
dc.description.abstract AJENG ARIANTI, Penerapan Penggunaan Metode Jolly Phonics Divariasikan dengan Media Scrapbook terhadap Keterampilan Berbahasa: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri Pontianak 2025. Permasalahan dalam penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keterampilan berbahasa peserta didik dalam aspek menyimak, berbicara, membaca, dan menulis sebelum dilakukan tindakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui:1) Keterampilan berbahasa peserta didik sebelum diterapkan metode Jolly Phonics divariasikan dengan media scrapbook, 2) Langkah-langkah penerapan penggunaan metode Jolly Phonics divariasikan dengan media Scrapbook, 3) Keterampilan berbahasa peserta didik sesudah penerapan penggunaan metode Jolly Phonics divariasikan dengan media Scrapbook, 4) Peningkatan keterampilan berbahasa sebelum dan sesudah penerapan penggunaan metode Jolly Phonics divariasikan dengan media Scrapbook. Jenis penelitian yang digunakan adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Alat pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, sebelum penerapan tindakan rata-rata keterampilan berbahasa peserta didik dikategorikan kurang (K) dan belum mencapai standar KKTP (Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran). Kedua, setelah dilakukan pembelajaran pada siklus I, rata-rata ketercapaian berada pada 67,36 dikategorikan cukup (C) dengan tingkat ketuntasan klasikal sebesar 56%. Ketiga, setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, nilai rata-rata meningkat menjadi 85 dikategorikan sangat baik (SB) dengan tingkat ketuntasan klasikal mencapai 88%. Peningkatan juga terlihat dari aspek keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Peserta didik menjadi lebih aktif, percaya diri, dan mampu menyusun serta menyampaikan kalimat dengan baik. Dengan demikian, penerapan metode Jolly Phonics yang divariasikan dengan media scrapbook terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa peserta didik secara menyeluruh. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Metode en_US
dc.subject Jolly Phonics en_US
dc.subject Media en_US
dc.subject Scrapbook en_US
dc.subject Keterampilan Berbahasa en_US
dc.title Penerapan Metode Jolly Phonics Divariasikan Dengan Media Scrapbook Terhadap Keterampilan Berbahasa Di Kelas I Mis Al-Jihad Pontianak Kota Tahun Ajaran 2024/2025 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account