Abstract:
Beta Mulya Karunia, Hubungan Kegiatan Muhadharah Dengan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas X Di SMA Islam Bawari Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana awal mula tercetusnya kegiatan muhadharah Di SMA Islam Bawari Pontianak; (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah Di SMA Islam Bawari Pontianak; (3) Apakah terdapat hubungan antara kegiatan muhadharah dengan kepercayaan diri peserta didik kelas X Di SMA Islam Bawari Pontianak.
Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah peserta didik putri Di SMA Islam Bawari Pontianak dan koordinator kegiatan muhadharah; 2) Sumber data sekunder adalah situs web SMA Islam Bawari Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner/angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi (R2).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) kegiatan muhadharah mulai dilaksanakan pada tahun 2020 sebagai inisiatif guru untuk mengisi waktu luang peserta didik putri saat pelaksanaan salat Jumat, sekaligus menjadi sarana pembinaan spiritual, intelektual, dan keterampilan berbicara di depan umum; 2) Pelaksanaan kegiatan muhadharah dilakukan secara rutin setiap Jumat dengan bimbingan guru, mengusung tema-tema keislaman yang relevan dengan kehidupan peserta didik; 3) Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kegiatan muhadharah dan kepercayaan diri peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan koefisien korelasi 0,601. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,630 menunjukkan bahwa 63% variasi kepercayaan diri dipengaruhi oleh kegiatan muhadharah, sedangkan 37% sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menegaskan bahwa muhadharah berperan penting dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik melalui latihan berbicara di depan umum dan penguatan karakter Islami.