HUBUNGAN KEGIATAN MUHADHARAH DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA ISLAM BAWARI PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.advisor Nurhidayah, Vibry Andina
dc.contributor.advisor Tursina, Nani
dc.contributor.advisor Handini, Agus
dc.contributor.author Karunia, Beta Mulya
dc.date.accessioned 2025-08-20T01:14:01Z
dc.date.available 2025-08-20T01:14:01Z
dc.date.issued 2025-07-22
dc.identifier.citation APA (Americal Psychological Association) en_US
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7450
dc.description.abstract Beta Mulya Karunia, Hubungan Kegiatan Muhadharah Dengan Kepercayaan Diri Peserta Didik Kelas X Di SMA Islam Bawari Pontianak: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK). Jurusan Pendidikan Agama Islam (PAI). Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2025. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Bagaimana awal mula tercetusnya kegiatan muhadharah Di SMA Islam Bawari Pontianak; (2) Bagaimana pelaksanaan kegiatan muhadharah Di SMA Islam Bawari Pontianak; (3) Apakah terdapat hubungan antara kegiatan muhadharah dengan kepercayaan diri peserta didik kelas X Di SMA Islam Bawari Pontianak. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan metode korelasional. Sumber data penelitian ini terdiri dari sumber primer dan sumber sekunder, yaitu: 1) Sumber primer adalah peserta didik putri Di SMA Islam Bawari Pontianak dan koordinator kegiatan muhadharah; 2) Sumber data sekunder adalah situs web SMA Islam Bawari Pontianak. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah kuesioner/angket, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan untuk menganalisis datanya peneliti menggunakan analisis uji statistik deskriptif, uji normalitas, uji linearitas, uji koefisien korelasi dan uji koefisien determinasi (R2). Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti menyimpulkan bahwa: 1) kegiatan muhadharah mulai dilaksanakan pada tahun 2020 sebagai inisiatif guru untuk mengisi waktu luang peserta didik putri saat pelaksanaan salat Jumat, sekaligus menjadi sarana pembinaan spiritual, intelektual, dan keterampilan berbicara di depan umum; 2) Pelaksanaan kegiatan muhadharah dilakukan secara rutin setiap Jumat dengan bimbingan guru, mengusung tema-tema keislaman yang relevan dengan kehidupan peserta didik; 3) Hasil analisis korelasi menunjukkan adanya hubungan positif yang kuat dan signifikan antara kegiatan muhadharah dan kepercayaan diri peserta didik, dengan nilai signifikansi 0,006 < 0,05 dan koefisien korelasi 0,601. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,630 menunjukkan bahwa 63% variasi kepercayaan diri dipengaruhi oleh kegiatan muhadharah, sedangkan 37% sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini menegaskan bahwa muhadharah berperan penting dalam meningkatkan rasa percaya diri peserta didik melalui latihan berbicara di depan umum dan penguatan karakter Islami. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Kegiatan Muhadharah en_US
dc.subject Kepercayaan Diri en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.title HUBUNGAN KEGIATAN MUHADHARAH DENGAN KEPERCAYAAN DIRI PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA ISLAM BAWARI PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account