Abstract:
RIRIN NOVI YANTI. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Oleh Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik SMP 02 Pontianak : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025.
Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan tentang 1) penggunaan model problem based learning digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 02 Pontianak.
Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya inovasi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta sikap sisoal dan religious peserta didik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitaian deskritif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VII. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PBL oleh guru PAI dilakukan melalui tahapan-tahapan yang sistematis, seperti penyampaian masalah nyata, diskusi kelompok, pencarian informasi, dan presentasi solusi, Penggunaan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa.
Dengan demikian, model pemebelajaran PBL menjadi salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan secara efektif dalam mata pelajaran PAI untuk mencapai tujuan Pendidikan yang holistik.