PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING OLEH GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PONTIANAK

Show simple item record

dc.contributor.advisor Misdah, Misdah
dc.contributor.advisor Nelly, Nelly
dc.contributor.advisor Hamzah, Nur
dc.contributor.advisor Kurniawan, Syamsul
dc.contributor.author YANTI, RIRIN NOVI
dc.date.accessioned 2025-08-20T00:53:20Z
dc.date.available 2025-08-20T00:53:20Z
dc.date.issued 2025-07-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7449
dc.description.abstract RIRIN NOVI YANTI. Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Oleh Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Akademik Dan Non Akademik SMP 02 Pontianak : Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. 2025. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa dan mendeskripsikan tentang 1) penggunaan model problem based learning digunakan oleh guru PAI dalam meningkatkan prestasi akademik dan non akademik siswa kelas VII di SMP Muhammadiyah 02 Pontianak. Latar belakang penelitian ini adalah pentingnya inovasi pembelajaran yang mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis, pemecahan masalah, serta sikap sisoal dan religious peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitaian deskritif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian adalah guru PAI dan siswa kelas VII. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber, trianggulasi teknik dan member check. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan model PBL oleh guru PAI dilakukan melalui tahapan-tahapan yang sistematis, seperti penyampaian masalah nyata, diskusi kelompok, pencarian informasi, dan presentasi solusi, Penggunaan model PBL terbukti efektif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa. Dengan demikian, model pemebelajaran PBL menjadi salah satu strategi pembelajaran yang dapat diterapkan secara efektif dalam mata pelajaran PAI untuk mencapai tujuan Pendidikan yang holistik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN PONTIANAK en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject PAI en_US
dc.subject Prestasi Akademik en_US
dc.subject Prestasi Non Akademik en_US
dc.title PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING OLEH GURU PAI DALAM MENINGKATKAN PRESTASI AKADEMIK DAN NON AKADEMIK SISWA KELAS VII DI SMP MUHAMMADIYAH 02 PONTIANAK en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account