Abstract:
Kori’ah, (12007139) Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Gadai Emas Di
Bank Syariah Indonesia KC Ketapang: Program Studi Perbankan Syariah Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu tentang pemahaman masyarakat
terhadap produk gadai emas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1)
Bagaimana tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk gadai emas di BSI KC
Ketapang (2) Apa saja faktor yang berkontribusi terhadap pemahaman masyarakat
tentang gadai emas di BSI KC Ketapang (3) Apa saja faktor-faktor yang
menyebabkan masyarakat berminat menggunakan produk gadai emas di BSI KC
Ketapang.
Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana
tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk gadai emas di BSI KC Ketapang
(2) Untuk mengetahui apa saja Faktor yang berkontribusi terhadap pemahaman
masyarakat tentang gadai emas di BSI KC Ketapang (3) Untuk mengetahui apa
faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat berminat menggunakan produk gadai
emas di BSI KC Ketapang.
Penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research) deskriptif
dengan pendekatan kualitatif, teknik pengimpulan data yang diperoleh dari
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan dalah
pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Data yang
didapat adalah hasil wawancara peneliti bersama nasabah dan masyarakat ketapang.
Tingkat pemahaman Masyarakat terhadap produk gadai emas di Bank
syariah Indonesia KC Ketapang: Masyarakat Ketapang dapat dikatakan tinggi
dilihat dari pengetahuan dasar, pemahaman prosedur, manfaat produk dan
kesesuaian syariah. Yang artinya Masyarakat sudah paham terhadap produk gadai
emas di BSI KC Ketapang.
Faktor yang berkontribusi terhadap pemahaman Masyarakat tentang produk
gadai emas di BSI KC Ketapang adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal
adalah pengetahuan dan pengalaman. Sedangkan faktor eksternal adalah
pendidikan, pekerjaan, sosial budaya/lingkungan, serta informasi.
Adapun faktor-faktor yang menyebabkan Masyarakat berminat
menggunakan produk gadai emas di BSI KC Ketapang yaitu faktor pengetahuan,
faktor promosi, faktor ekonomi, dan faktor religiusitas.