Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia KC Ketapang

Show simple item record

dc.contributor.advisor Segu, Segu
dc.contributor.advisor Sari, Nurma
dc.contributor.advisor Hidayat, Samsul
dc.contributor.advisor Miskari, Miskari
dc.contributor.author Kori’ah, Kori’ah
dc.date.accessioned 2025-08-19T08:02:46Z
dc.date.available 2025-08-19T08:02:46Z
dc.date.issued 2024-06-14
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7448
dc.description.abstract Kori’ah, (12007139) Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia KC Ketapang: Program Studi Perbankan Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak. Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu tentang pemahaman masyarakat terhadap produk gadai emas. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk gadai emas di BSI KC Ketapang (2) Apa saja faktor yang berkontribusi terhadap pemahaman masyarakat tentang gadai emas di BSI KC Ketapang (3) Apa saja faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat berminat menggunakan produk gadai emas di BSI KC Ketapang. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat pemahaman masyarakat terhadap produk gadai emas di BSI KC Ketapang (2) Untuk mengetahui apa saja Faktor yang berkontribusi terhadap pemahaman masyarakat tentang gadai emas di BSI KC Ketapang (3) Untuk mengetahui apa faktor-faktor yang menyebabkan masyarakat berminat menggunakan produk gadai emas di BSI KC Ketapang. Penelitian ini menggunakan metode lapangan (field research) deskriptif dengan pendekatan kualitatif, teknik pengimpulan data yang diperoleh dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunkan dalah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Data yang didapat adalah hasil wawancara peneliti bersama nasabah dan masyarakat ketapang. Tingkat pemahaman Masyarakat terhadap produk gadai emas di Bank syariah Indonesia KC Ketapang: Masyarakat Ketapang dapat dikatakan tinggi dilihat dari pengetahuan dasar, pemahaman prosedur, manfaat produk dan kesesuaian syariah. Yang artinya Masyarakat sudah paham terhadap produk gadai emas di BSI KC Ketapang. Faktor yang berkontribusi terhadap pemahaman Masyarakat tentang produk gadai emas di BSI KC Ketapang adalah faktor internal dan eksternal. Faktor internal adalah pengetahuan dan pengalaman. Sedangkan faktor eksternal adalah pendidikan, pekerjaan, sosial budaya/lingkungan, serta informasi. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan Masyarakat berminat menggunakan produk gadai emas di BSI KC Ketapang yaitu faktor pengetahuan, faktor promosi, faktor ekonomi, dan faktor religiusitas. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Pemahaman en_US
dc.subject Masyarakat en_US
dc.subject Gadai Emas en_US
dc.title Pemahaman Masyarakat Terhadap Produk Gadai Emas Di Bank Syariah Indonesia KC Ketapang en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account