Abstract:
M. Habib, NIM 11711180, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses
Pembinaan Akhlak Siswa SMP It Al-Fityan Kubu Raya. Program Studi Pendidikan
Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Pontianak 2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh Program dari sekolah baik harian, pekanan
dan bulanan yang sudah dijalankan dengan baik dengan pengawalan dan pembinaan
dari semua guru termasuk guru Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al Fityan Kubu
Raya Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan
Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembinaan Akhlaq Terpuji
Siswa Kelas IX di SMP IT Al Fityan Kubu Raya. 2. Bagaimana Strategi Guru
Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Kelas IX di SMP
IT Al Fityan Kubu Raya. 3. Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat
Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menunjang Proses Pembinaan Akhlaq Terpuji
Siswa di SMP IT Al Fityan Kubu Raya.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif. Teknik
pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi serta teknik
analisis data berupa tahap Reduksi Data, penyajian data dan menarik kesimpulan.
Informan terdiri dari guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah SMP It Al-Fityan
Kubu Raya, Waka Kesiswaan.
Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam proses Pembinaan
Akhlaq Siswa diantaranya adalaha; 1. Membaca Al-qur’an dan berdo’a bersama,
Sholat dhuha dan Sholat zuhur berjam’ah, Pramuka dan Mentoring. 2 Strategi Guru
Dalam Proses Pembinaan Akhlaq ada Empat di antaranya adalah Keteladanan,
Pembiasaan, Nasihat dan Ganjaran. 3. Faktor Pendukung: adanya kesadaran dalam diri
siswa, keteladanan guru, kerjasama dukungan orang tua serta sarana dan prasarana.
Faktor Penghambat: terbatasnya pengawsan pihak sekolah, latar belakang yang
berbeda, lingkungan siswa dan penyalahgunaan ponsel atau gadget.