Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlaq Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Al Fityan Kubu Raya 2023-2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Marsih, Marsih
dc.contributor.advisor Firmansyah, Firmansyah
dc.contributor.advisor Rahmatullah, Muhammad
dc.contributor.advisor Syamhadi, Syamhadi
dc.contributor.author Habib, M.
dc.date.accessioned 2025-08-19T07:46:50Z
dc.date.available 2025-08-19T07:46:50Z
dc.date.issued 2024-05-20
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7446
dc.description.abstract M. Habib, NIM 11711180, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Proses Pembinaan Akhlak Siswa SMP It Al-Fityan Kubu Raya. Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Pontianak 2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh Program dari sekolah baik harian, pekanan dan bulanan yang sudah dijalankan dengan baik dengan pengawalan dan pembinaan dari semua guru termasuk guru Pendidikan Agama Islam di SMP IT Al Fityan Kubu Raya Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu: 1. Mengetahui Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Proses Pembinaan Akhlaq Terpuji Siswa Kelas IX di SMP IT Al Fityan Kubu Raya. 2. Bagaimana Strategi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlak Terpuji Siswa Kelas IX di SMP IT Al Fityan Kubu Raya. 3. Untuk mengetahui Faktor Pendukung dan Penghambat Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Menunjang Proses Pembinaan Akhlaq Terpuji Siswa di SMP IT Al Fityan Kubu Raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Kualitatif. Teknik pengumpulan data berupa Observasi, Wawancara dan Dokumentasi serta teknik analisis data berupa tahap Reduksi Data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Informan terdiri dari guru pendidikan agama Islam, kepala sekolah SMP It Al-Fityan Kubu Raya, Waka Kesiswaan. Hasil penelitian menunjukan bahwa peran guru PAI dalam proses Pembinaan Akhlaq Siswa diantaranya adalaha; 1. Membaca Al-qur’an dan berdo’a bersama, Sholat dhuha dan Sholat zuhur berjam’ah, Pramuka dan Mentoring. 2 Strategi Guru Dalam Proses Pembinaan Akhlaq ada Empat di antaranya adalah Keteladanan, Pembiasaan, Nasihat dan Ganjaran. 3. Faktor Pendukung: adanya kesadaran dalam diri siswa, keteladanan guru, kerjasama dukungan orang tua serta sarana dan prasarana. Faktor Penghambat: terbatasnya pengawsan pihak sekolah, latar belakang yang berbeda, lingkungan siswa dan penyalahgunaan ponsel atau gadget. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Peran en_US
dc.subject Guru PAI en_US
dc.subject Pembinaan Akhlak en_US
dc.title Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembinaan Akhlaq Siswa di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Islam Terpadu (IT) Al Fityan Kubu Raya 2023-2024 en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account