Abstract:
ANING SRI MINTARSIH, Adab Peserta Didik terhadap Pendidik dalam
Kitab Ta’lim Muta’allim Perspektif Aksiologi Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah
Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut
Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui adab peserta didik terhadap
pendidik dalam kitab Ta’limul Muta’allim; (2) menganalisis adab peserta didik
terhadap pendidik dalam kitab Ta’limul Muta’allim melalui tinjauan Aksiologi
Pendidikan Islam.
Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun
jenis penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research) yaitu
serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka,
membaca, mencatat, dan mengolah bahan koleksi perpustakaan saja tanpa riset
lapangan. Sumber primer penelitian ini berupa kitab Ta’limul Muta’allim karangan
Az-Zarnuji yang diterjemahkan oleh H. Nailul Huda & M. Fathullah dan sumber
sekunder berupa buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan ilmu Filsafat
Pendidikan Islam. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan
teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi
(content analisys).
Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa: (1) Adab peserta didik terhadap pendidik, yang terdapat dalam Kitab
Ta’limul Muta’allim dapat dikategorikan dalam konteks pembelajaran dan di luar
pembelajaran. Adapun dalam pembelajaran meliputi tidak mendahului dalam
bertutur kata tanpa izin, tidak banyak berbicara, tidak berbicara di tengah proses
belajar mengajar, tidak berjalan di hadapannya, tidak menduduki tempat duduk,
tidak duduk terlalu dekat. Adapun di luar pembelajaran tidak mengetuk pintu,
menghormati anak-anaknya, menyerahkan urusan belajar, serta menghindari murka
dan mencari rida’ pendidik. (2) Berdasarkan analisis adab peserta didik terhadap
pendidik dalam kitab Ta’limul Muta’allim melalui tinjauan Aksiologi Pendidikan
Islam adab menunjukkan nilai intrinsik dan menunjukkan bahwa adab peserta didik
terhadap pendidik dalam kitab Ta'limul Muta'allim mencerminkan nilai-nilai
akhlak penting sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Adab-adab ini mencakup
kesopanan, hormat, kesederhanaan, kesabaran, ketenangan, dan rendah hati, serta
mengajarkan penghargaan terhadap otoritas, waktu, dan privasi pendidik. Melalui
praktik adab tersebut, peserta didik membentuk perilaku yang mencerminkan nilai
nilai akhlak tersebut, membentuk landasan yang kokoh bagi pembentukan karakter
dan perilaku yang baik dalam masyarakat Islam. Dengan demikian, pemahaman
dan praktik adab-adab ini relevan dalam konteks pembentukan karakter dan
moralitas dalam pendidikan Islam, menciptakan lingkungan pendidikan yang
harmonis dan penuh dengan nilai-nilai moral yang positif.