Adab Peserta Didik terhadap Pendidik dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Perspektif Aksiologi Pendidikan Islam

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hermansyah, Hermansyah
dc.contributor.advisor Fitriyanto, Andry
dc.contributor.advisor Zulkifli, Zulkifli
dc.contributor.advisor Rosdiawan, Ridwan
dc.contributor.author MINTARSIH, ANING SRI
dc.date.accessioned 2025-08-19T07:20:50Z
dc.date.available 2025-08-19T07:20:50Z
dc.date.issued 2024-06-13
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7445
dc.description.abstract ANING SRI MINTARSIH, Adab Peserta Didik terhadap Pendidik dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Perspektif Aksiologi Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan (FTIK), Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI), Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024. Tujuan penelitian ini adalah: (1) mengetahui adab peserta didik terhadap pendidik dalam kitab Ta’limul Muta’allim; (2) menganalisis adab peserta didik terhadap pendidik dalam kitab Ta’limul Muta’allim melalui tinjauan Aksiologi Pendidikan Islam. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif. Adapun jenis penelitian ini ialah penelitian kepustakaan (library research) yaitu serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca, mencatat, dan mengolah bahan koleksi perpustakaan saja tanpa riset lapangan. Sumber primer penelitian ini berupa kitab Ta’limul Muta’allim karangan Az-Zarnuji yang diterjemahkan oleh H. Nailul Huda & M. Fathullah dan sumber sekunder berupa buku, jurnal, dan artikel yang berkaitan dengan ilmu Filsafat Pendidikan Islam. Adapun teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan teknik dokumentasi sedangkan teknik analisis data menggunakan analisis isi (content analisys). Berdasarkan analisis yang dilakukan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Adab peserta didik terhadap pendidik, yang terdapat dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dapat dikategorikan dalam konteks pembelajaran dan di luar pembelajaran. Adapun dalam pembelajaran meliputi tidak mendahului dalam bertutur kata tanpa izin, tidak banyak berbicara, tidak berbicara di tengah proses belajar mengajar, tidak berjalan di hadapannya, tidak menduduki tempat duduk, tidak duduk terlalu dekat. Adapun di luar pembelajaran tidak mengetuk pintu, menghormati anak-anaknya, menyerahkan urusan belajar, serta menghindari murka dan mencari rida’ pendidik. (2) Berdasarkan analisis adab peserta didik terhadap pendidik dalam kitab Ta’limul Muta’allim melalui tinjauan Aksiologi Pendidikan Islam adab menunjukkan nilai intrinsik dan menunjukkan bahwa adab peserta didik terhadap pendidik dalam kitab Ta'limul Muta'allim mencerminkan nilai-nilai akhlak penting sesuai dengan tujuan pendidikan Islam. Adab-adab ini mencakup kesopanan, hormat, kesederhanaan, kesabaran, ketenangan, dan rendah hati, serta mengajarkan penghargaan terhadap otoritas, waktu, dan privasi pendidik. Melalui praktik adab tersebut, peserta didik membentuk perilaku yang mencerminkan nilai nilai akhlak tersebut, membentuk landasan yang kokoh bagi pembentukan karakter dan perilaku yang baik dalam masyarakat Islam. Dengan demikian, pemahaman dan praktik adab-adab ini relevan dalam konteks pembentukan karakter dan moralitas dalam pendidikan Islam, menciptakan lingkungan pendidikan yang harmonis dan penuh dengan nilai-nilai moral yang positif. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Adab en_US
dc.subject Peserta Didik en_US
dc.subject Pendidik en_US
dc.subject Aksiologi en_US
dc.subject Pendidikan Islam en_US
dc.title Adab Peserta Didik terhadap Pendidik dalam Kitab Ta’lim Muta’allim Perspektif Aksiologi Pendidikan Islam en_US
dc.type Skripsi en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account