Abstract:
Drastha Chika Pamalsya, Persepsi Aktivis PMII tentang Moderasi
Beragama dalam Pendidikan Islam di IAIN Pontianak. Skripsi, Pontianak: Prodi
Pendidikan Agama Islam (PAI) Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak, 2024.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena ekstrem dalam beragama, sikap
radikal dan intoleran belakangan ini tidak hanya muncul dilingkup masyarakat akan
tetapi telah hadir di lembaga pendidikan perguruan tinggi khususnya organisasi
mahasiswa kampus. Kementerian Agama RI mengeluarkan kebijakan kepada
PTKIN agar menjadi suri tauladan dalam menjalankan program moderasi beragama
agar terciptanya kehidupan Islam Wasathiyyah.
Tujuan penelitian ini menjelaskan dengan sub – sub pembahasan sebagai
berikut : Pertama, mendeskripsikan bagaimana wujud persepsi aktivis PMII tentang
moderasi beragama di IAIN Pontianak; Kedua, mendeskripsikan bagaimana
dampak persepsi aktivis PMII terhadap aktivitas kegiatan kemahasiswaan aktivis
PMII.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Peneliti
menggunakan deskriptif karena penelitian ini hanya bertujuan untuk
menggambarkan atau mendeskripsikan fakta di lapangan secara objektif sesuai
kebutuhan peneliti secara apa adanya. Teknik pengumpulan data yang digunakan
berupa : observasi, wawancara semi terstruktur dan dokumentasi. Sedangkan teknik
analisis data yang digunakan berupa : kondensasi data, penyajian data dan
penarikan simpulan. Kemudian teknik keabsahan data berupa triangulasi, member
check, dan perpanjangan waktu penelitian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, aktivis PMII Komisariat
IAIN Pontianak menginterpretasikan moderasi beragama sebagai sikap
pertengahan yang berkaitan dengan konsep wasathiyyah atau dengan kata lain
memposisikan diri untuk berada di tengah yakni tidak berat ke kanan maupun berat
ke kiri. Persepsi tersebut merupakan hasil dari pengejewantahan terhadap nilai –
nilai aswaja yang merupakan landasan pergerakan dari organisasi PMII. Sehingga
aktivis PMII menjadikan moderasi beragama sebagai arus utama dalam melakukan
aktivitas kegiatan kemahasiswaan selama melakukan pendidikan islamnya dan juga
dalam kehidupan sehari – harinya; Kedua, dampak dari persepsi aktivis PMII
terhadap aktivitas kegiatan kemahasiswaan yang diselenggarakan oleh aktivis PMII
dapat menambah pengetahuan dan wawasan aktivis PMII tentang moderasi
beragama, sebagaimana aktivitas kegiatan rutin yang dilakukan oleh aktivis PMII
dalam pengarustamaan moderasi beragama.