Abstract:
Nur Atikah, dengan NIM 2204100619, 2020. Pengembangan
Media Rainbow Circle Islamic untuk Meningkatkan Prestasi Belajar
Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Khulafaur Rasyidin.
Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya prestasi belajar
yang menurun yakni terlihat dari nilai pada mata pelajaran Aqidah
Akhlak yang diperoleh peserta didik dengan tidak memenuhi standar
KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang berlaku di MTs Khulafaur
Rasyidin. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya penggunaan media
pembelajaran selain buku dan papan tulis sehingga menyebabkan
pembelajaran membosankan.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu
media yang unik, menarik, dan kreatif serta cocok untuk pembelajaran
Aqidah Akhlak yakni media Rainbow Circle Islamic.
Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D
(Research and Development) dengan model ADDIE. Adapun
pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan observasi, angket,
tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yakni analisis secara
kualitatif
(analisis dari hasil komentar dan saran validator) dan
analisis kuantitatif (mengolah data hasil angket dan tes).
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada analisis
kebutuhan diketahui yakni peserta didik membutuhkan media
pembelajaran selain buku dan papan tulis pada pembelajaran aqidah
akhlak yang menarik, unik, keratif, dan sederhana. 2) Selanjutnya
proses design yaitu media yang dirancang berdasarkan analisis
kebutuhan peserta didik. 3) Berikutnya proses pengembangan, yang
kemudian dilakukan uji validasi dan kelayakan pada materi dan media.
Hasil perhitungan kelayakan ahli materi 1 dan 2 yakni 98 % (sangat
layak) dan 98% (sangat layak), sedangkan ahli media 1 dan 2 yakni
95 % (sangat layak) dan 99 % (sangat layak). 4) Proses uji coba pada
kelompok kecil dan kelompok besar. Adapun kelompok kecil
berjumlah 8 orang dinyatakan sangat baik. Sedangkan pada uji
kelompok besar, perhitungan tes menunjukkan adanya perbedaan hasil
belajar yang signifikan yakni pada uji sampel berpasangan pretest dan
posttest di kelas eksperimen memiliki peningkatan sebesar 37,35
sedangkan di kelas kontrol yaitu 19,58. Pada uji sampel bebas pretest
kedua kelas menunjukkan angka 5,66. Selanjutnya pada posttest kedua
kelas menunjukkan signifikansi perbedaan yakni dengan angka 23,43.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa media yang
dikembangkan layak untuk dipergunakan pada pembelajaran Aqidah
Akhlak di MTs Khulafaur Rasyidin dikarenakan telah melalui
beberapa tahapan dan menunjukkan hasil yang sangat baik yakni dapat
meningkatkan prestasi belajar peserta didik.