Pengembangan Media Rainbow Circle Islamic untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Khulafaur Rasyidin

Show simple item record

dc.contributor.advisor Hasmy, Ali
dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.author Atikah, Nur
dc.date.accessioned 2025-08-19T03:42:55Z
dc.date.available 2025-08-19T03:42:55Z
dc.date.issued 2024-01-30
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7438
dc.description.abstract Nur Atikah, dengan NIM 2204100619, 2020. Pengembangan Media Rainbow Circle Islamic untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Khulafaur Rasyidin. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya prestasi belajar yang menurun yakni terlihat dari nilai pada mata pelajaran Aqidah Akhlak yang diperoleh peserta didik dengan tidak memenuhi standar KKM (kriteria ketuntasan minimal) yang berlaku di MTs Khulafaur Rasyidin. Salah satu penyebabnya yaitu kurangnya penggunaan media pembelajaran selain buku dan papan tulis sehingga menyebabkan pembelajaran membosankan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu media yang unik, menarik, dan kreatif serta cocok untuk pembelajaran Aqidah Akhlak yakni media Rainbow Circle Islamic. Jenis Penelitian ini adalah penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan model ADDIE. Adapun pengumpulan data yang dilakukan yakni dengan observasi, angket, tes, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yakni analisis secara kualitatif (analisis dari hasil komentar dan saran validator) dan analisis kuantitatif (mengolah data hasil angket dan tes). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Pada analisis kebutuhan diketahui yakni peserta didik membutuhkan media pembelajaran selain buku dan papan tulis pada pembelajaran aqidah akhlak yang menarik, unik, keratif, dan sederhana. 2) Selanjutnya proses design yaitu media yang dirancang berdasarkan analisis kebutuhan peserta didik. 3) Berikutnya proses pengembangan, yang kemudian dilakukan uji validasi dan kelayakan pada materi dan media. Hasil perhitungan kelayakan ahli materi 1 dan 2 yakni 98 % (sangat layak) dan 98% (sangat layak), sedangkan ahli media 1 dan 2 yakni 95 % (sangat layak) dan 99 % (sangat layak). 4) Proses uji coba pada kelompok kecil dan kelompok besar. Adapun kelompok kecil berjumlah 8 orang dinyatakan sangat baik. Sedangkan pada uji kelompok besar, perhitungan tes menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar yang signifikan yakni pada uji sampel berpasangan pretest dan posttest di kelas eksperimen memiliki peningkatan sebesar 37,35 sedangkan di kelas kontrol yaitu 19,58. Pada uji sampel bebas pretest kedua kelas menunjukkan angka 5,66. Selanjutnya pada posttest kedua kelas menunjukkan signifikansi perbedaan yakni dengan angka 23,43. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu bahwa media yang dikembangkan layak untuk dipergunakan pada pembelajaran Aqidah Akhlak di MTs Khulafaur Rasyidin dikarenakan telah melalui beberapa tahapan dan menunjukkan hasil yang sangat baik yakni dapat meningkatkan prestasi belajar peserta didik. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Media Rainbow en_US
dc.subject Circle Islamic en_US
dc.subject Mata Pelajaran en_US
dc.subject Aqidah Akhlak en_US
dc.subject Prestasi Belajar en_US
dc.title Pengembangan Media Rainbow Circle Islamic untuk meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Khulafaur Rasyidin en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account