Abstract:
Denni Febriansyah (11915122). Skripsi. “ Analisis Blue Ocean Strategy di Kedai Kopi Kongsun Pontianak”. Program Studi Manajemen Bisnis Syariah. Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam. Institut Agama Islam Negri Pontianak.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi bisnis yang diterapkan oleh Kedai Kopi Kongsun Pontianak dengan pendekatan Blue Ocean Strategy. Fokus utama penelitian adalah: (1) mengetahui formulasi strategi bisnis yang digunakan oleh Kedai Kopi Kongsun, dan (2) mengkaji implementasi kerangka kerja empat langkah Blue Ocean Strategy dalam bisnis tersebut.
Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara sistematis melalui proses reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) formulasi strategi bisnis Kedai Kopi Kongsun dilakukan dengan memperhatikan bauran pemasaran, meliputi produk, harga, tempat, promosi, dan pelayanan. (2) Sementara itu, implementasi Blue Ocean Strategy dilakukan dengan menghapuskan menu yang kurang diminati konsumen, mengurangi penggunaan cup plastik, meningkatkan fasilitas tempat duduk outdoor, serta menciptakan suasana nyaman dan unik di tepi Sungai Kapuas. Strategi ini berhasil membedakan Kedai Kongsun dari para pesaingnya dan menciptakan nilai baru bagi pelanggan.