Abstract:
SYAIFUL BAHRI, 2023, NIM. 2184100587. Pengaruh Penerapan
Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa
pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMAN 6
Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar
dan rendahnya rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas X pada
pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu ialah, metode
pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga
diperlukan inovasi pembelajaran dengan menerapkan strategi
pembelajaran, salah satunya Problem Based Learning. Secara umum
dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh
penerapan Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil
belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X
SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024.
Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian asosiatif
dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk penelitian eksperimen
dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Sumber data
primer adalah hasil tes siswa sebelum dan sesudah eksperimen, hasil
kuesioner dan hasil observasi aktivitas pembelajaran di kelas. Analisis
data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear
berganda, analisis koefisien korelasi dan determinasi, uji t dan uji F.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Problem
Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di
kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 mampu
meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa; 2) Motivasi belajar
siswa setelah diterapkannya Problem Based Learning pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak
Tahun Ajaran 2023/2024 cukup baik; 3) Hasil belajar siswa setelah
diterapkannya Problem Based Learning pada mata pelajaran
Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun
Ajaran 2023/2024 cukup baik; 4) Pengaruh penerapan Problem Based
xviii
Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak
Tahun Ajaran 2023/2024 bersifat positif dan signifikan dengan
kekuatan hubungan yang sangat kuat; 5) Pengaruh penerapan
Problem Based Learning dan motivasi terhadap hasil belajar siswa
pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6
Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 bersifat positif dan signifikan
dengan kekuatan hubungan yang sangat kuat.
Dapat disimpulkan secara umum bahwa penerapan Problem
Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata
pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak
Tahun Ajaran 2023/2024 berpengaruh positif dan signifikan terhadap
motivasi dan hasil belajar siswa.