Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024

Show simple item record

dc.contributor.advisor Muttaqin, Imron
dc.contributor.advisor Wahab, Wahab
dc.contributor.advisor Sahri, Sahri
dc.contributor.advisor Sukmawati, Fitri
dc.contributor.author BAHRI, SYAIFUL
dc.date.accessioned 2025-08-13T06:53:41Z
dc.date.available 2025-08-13T06:53:41Z
dc.date.issued 2023-10-31
dc.identifier.uri https://digilib.iainptk.ac.id/xmlui/handle/123456789/7409
dc.description.abstract SYAIFUL BAHRI, 2023, NIM. 2184100587. Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya motivasi belajar dan rendahnya rata-rata nilai hasil belajar siswa kelas X pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Selain itu ialah, metode pembelajaran yang digunakan masih bersifat konvensional, sehingga diperlukan inovasi pembelajaran dengan menerapkan strategi pembelajaran, salah satunya Problem Based Learning. Secara umum dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh penerapan Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024. Jenis penelitian yang diterapkan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif dan bentuk penelitian eksperimen dengan model Pretest-Posttest Control Group Design. Sumber data primer adalah hasil tes siswa sebelum dan sesudah eksperimen, hasil kuesioner dan hasil observasi aktivitas pembelajaran di kelas. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis regresi linear berganda, analisis koefisien korelasi dan determinasi, uji t dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 mampu meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa; 2) Motivasi belajar siswa setelah diterapkannya Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 cukup baik; 3) Hasil belajar siswa setelah diterapkannya Problem Based Learning pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 cukup baik; 4) Pengaruh penerapan Problem Based xviii Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 bersifat positif dan signifikan dengan kekuatan hubungan yang sangat kuat; 5) Pengaruh penerapan Problem Based Learning dan motivasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 bersifat positif dan signifikan dengan kekuatan hubungan yang sangat kuat. Dapat disimpulkan secara umum bahwa penerapan Problem Based Learning terhadap motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 berpengaruh positif dan signifikan terhadap motivasi dan hasil belajar siswa. en_US
dc.language.iso id en_US
dc.publisher IAIN Pontianak en_US
dc.subject Model Pembelajaran en_US
dc.subject Problem Based Learning en_US
dc.subject Motivasi Belajar en_US
dc.subject Hasil Belajar Siswa en_US
dc.title Pengaruh Penerapan Problem Based Learning terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMAN 6 Pontianak Tahun Ajaran 2023/2024 en_US
dc.type Thesis en_US


Files in this item

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record

Search


Advanced Search

Browse

My Account