Abstract:
Citra Wulandari (12014044) Hubungan Antara Adversity Quotient Dengan Work-Study Conflict Pada Mahasiswa FEB UNTAN Yang Bekerja. Fakultas Ushuluddin Dan Adab, Jurusan Psikologi Islam Institut Agama Islam Negeri Pontianak (IAIN) Pontianak, 2025.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara Adversity Quotient (AQ) dengan Work-Study Conflict (WSC) pada mahasiswa yang bekerja. Fenomena mahasiswa yang menjalani peran ganda sebagai pekerja dan pelajar semakin marak, sehingga menimbulkan konflik antara tanggung jawab akademik dan pekerjaan. Dalam hal ini, Adversity Quotient sebagai kemampuan individu dalam menghadapi kesulitan dihipotesiskan berperan dalam mengurangi tingkat Work-Study Conflict.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampel berjumlah 120 mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tanjungpura yang bekerja sambil kuliah dan aktif dalam organisasi. Data dikumpulkan melalui dua skala Psikologis, yaitu Skala Adversity Quotient yang disusun berdasarkan teori Stoltz (2000) dan Skala Work-Study Conflict yang disusun berdasarkan teori Markel dan Frone (1998). Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, linearitas, dan uji korelasi Pearson Product Moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan positif yang signifikan antara Adversity Quotient dan Work-Study Conflict dengan nilai korelasi sebesar r = 0,553 dan signifikansi p = 0,000 (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi tingkat AQ seseorang, maka semakin besar pula kemampuan mereka dalam mengelola konflik peran ganda meskipun tekanan tetap muncul. Dengan demikian, Adversity Quotient menjadi faktor penting dalam mendukung keberhasilan akademik dan profesional mahasiswa yang menjalani peran ganda.