Abstract:
ANISA PUTRI (12007043)” Analisis Pengaruh praktikum Pemasaran
Produk Bank Syariah Berbasis Inovasi pemasaran Digital Terhadap Mahasiswa
Febi Dalam Upaya Kesiapan MEnghadapi Dunia Kerja” . Program Studi
Perbankan Syariah,Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut agama Islam
Negri Pontianak, 2024.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk Untuk mengetahui apakah
praktikum Pemasaran Produk Bank Syariah berbasis Inovasi Pemasaran Digital
berpengaruh terhadap kesiapan menghadapi dunia kerja mahasiswa febi angkatan
2020 IAIN pontianak.
Pendekatan Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif dan jenis
penelitianberupa jenis asosiatif dengan sample sebanyak 76 responden atau
Mahasiswa prodi perbankan Syariah IAIN Pontianak.Teknik pengumpulan data
menggunakan kuisioner dengan menggunakan metode skala likert. Teknik
analisis data yang digunakan adalah uji instrument penelitian, Uji Uji Asumsi
Klasik, dan analisis regresi linear berganda.
Hasil dari Penelitian ini diketahui bahwa praktikum berpengaruh positif
dan signifikan terhadap kesiapan kerja mahasiswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai
koefisien regresi sebesar 0,746 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Artinya,
semakin tinggi praktikum yang diikuti oleh mahasiswa, maka semakin tinggi pula
kesiapan kerja mahasiswa tersebut.Praktikum dapat meningkatkan pengetahuan,
keterampilan, dan sikap kerja mahasiswa, yang merupakan faktor-faktor penting
dalam keberhasilan di dunia kerja.